Manfaat Pepaya Muda Untuk Kesehatan




Pepaya yang masih belum matang pun memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh.

Pepaya muda atau yang belum benar-benar matang biasanya berwarna hijau dan belum memiliki biji. Bagian dalamnya biasanya berwarna lebih putih. Pepaya muda memang tak sepopuler pepaya yang sudah matang, ini karena pepaya matang lebih enak dan lebih mudah dikonsumsi.

Pepaya muda kerap ditemukan dalam masakan matang, salad sayur, jus, maupun rujak. Di Indonesia, konsumsi pepaya muda diyakini dapat memperbanyak produksi air susu ibu (ASI). 

Pepaya muda mengandung banyak vitamin dan mineral seperti potasium, magnesium, vitamin A, C, B, dan E. Selain itu, pepaya muda juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang baik untuk perut. 

Hampir seluruh bagian tanaman pepaya mengandung papain (getah), khususnya pepaya yang masih muda. 

Pepaya muda mengandung enzim papain memiliki banyak manfaat, seperti sebagai bahan obat, pelunak daging, penjernih minuman hingga bahan perenyah kue kering atau biskuit.

Selain itu, pepaya muda juga dapat dirasakan manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya untuk pencernaan. Papain dalam pepaya muda sangat bagus untuk membantu terbentuknya gas dalam perut, dan membantu menetralisir racun (toxic), sehingga bisa mencegah penyakit gangguan pencernaan seperti perut kembung dan susah BAB.

Meskipun pepaya muda bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, buah ini justru tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Karena kandungan papain-nya bisa menyebabkan kelainan pada janin hingga keguguran.

Berikut manfaat yang didapatkan dari pepaya muda bagi kesehatan, yaitu:

1. Sumber Vitamin

Pepaya muda mengandung banyak vitamin yang membantu berbagai masalah kesehatan. Kandungan vitamin A, B, C dan E mampu memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan vitaminnya juga membantu meningkatkan penglihatan, melindungi sel dari kerusakan hingga membantu memperlambat proses penuaan dini.

2. Membantu Perbaikan Sel

Pepaya muda mengandung protein, fitonutrien, dan enzim seperti papain dan chymopapain yang berguna untuk membantu perbaikan sel, mencegah pembengkakan hingga membantu menurunkan berat badan.

3. Anti-Peradangan

Pepaya mentah atau muda dapat meredakan peradangan pada tubuh. Selain itu, bermanfaat untuk mengatasi infeksi pernapasan, infeksi tenggorokan atau radang tubuh lainnya, termasuk kram menstruasi.

4. Menjaga pencernaan

Enzim papain dan chymopapain yang ada pada pepaya muda membantu menjaga kesehatan pencernaan dan terbentuknya gas dalam perut. Dengan begitu, pepaya muda tak akan menyebabkan kembung dan membuat sistem pencernaan bekerja lebih lancar.

Pepaya muda mengandung lebih banyak enzim papain daripada pepaya matang. Enzim satu ini berguna untuk proses pencernaan. Selain enzim papain, proses pencernaan terbantu dengan fitonutrien dan serat pada pepaya muda.

Anda bisa mengonsumsi pepaya muda untuk membersihkan pencernaan secara alami. Kandungan nutrisi pepaya muda membantu membersihkan 'sampah' yang menumpuk dan mengganggu saluran pencernaan. Agar manfaat terasa, konsumsi pepaya muda segar dengan cara dijadikan jus.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Baik pepaya muda ataupun biji pepaya diketahui baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E. Pepaya muda juga diketahui bisa mencegah infeksi, pilek, dan batuk.

6. Menyembuhkan konstipasi

Papain yang ada dalam pepaya muda membantu mengatasi konstipasi secara alami. Bahkan pepaya yang sudah matang pun tak memiliki papain sebanyak pepaya muda.

7. Membersihkan usus

Mengonsumsi jus pepaya muda adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk membersihkan usus. Semua nutrisi dan mineral di dalamnya juga bisa menyehatkan pencernaan, tak hanya membersihkannya dari zat beracun dan kotoran yang tak diinginkan.

8. Meningkatkan produksi asi

Ibu menyusui biasanya memanfaatkan almond atau daun katuk untuk membantu memompa produksi ASI. Kali ini, pepaya muda bisa turut andil melengkapi almond dan daun katuk. Sisipkan pepaya muda pada sup atau sayur demi menambah produksi ASI.

Pepaya, baik yang muda atau matang, dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI karena mengandung vitamin A,C, asam folat, kalsium serta enzim papain yang turut mempengaruhi produksi ASI.

Bagi ibu yang sedang menyusui, pepaya muda sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Dengan begitu ibu tak perlu khawatir ASI yang diproduksi tak cukup untuk si buah hati.

9. Melindungi dari infeksi saluran kemih

Pepaya muda juga melindungi sistem pengeluaran tubuh dan melindunginya dari infeksi saluran kemih. Konsumsi jus pepaya muda untuk mencegah berkumpulnya bakteri pada saluran kemih.

10. Kaya kandungan karotenoid

Melansir dari laman Herbal Papaya, sebuah studi yang dipublikasi di The British Journal of Nutrition menyebut pepaya muda mengandung karotenoid lebih banyak ketimbang tomat dan wortel. Bahkan karotenoid pada pepaya muda lebih mudah digunakan tubuh saat dikomparasi dengan jenis buah lain.

Karotenoid adalah senyawa kimia yang memberikan warna alami pada buah dan sayur. Keluarga antioksidan satu ini bisa melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karotenoid ada banyak jenis tetapi yang paling umum ialah beta karoten, lutein, alfa karoten dan likopen.

11. Atasi masalah kulit

Punya masalah kulit seperti iritasi dan jerawat, manfaatkan saja pepaya muda. Pepaya muda mengandung banyak serat sehingga bisa membantu proses detoks alami dengan cara membersihkan tubuh dari berbagai macam racun. Serat ini pula yang bisa membantu tubuh membersihkan bekas jerawat dan masalah pigmentasi.

Pepaya muda mampu lembutkan sel kulit mati sehingga mudah terlepas. Agar serat pepaya tidak terbuang, konsumsi pepaya muda dengan cara dipotong-potong lalu nikmati dengan saus salad agar terasa nikmat.

12. Jaga keseimbangan cairan tubuh

Pepaya muda banyak mengandung potasium. Potasium adalah salah satu komponen elektrolit terbesar dalam darah selain sodium dan klorida. Asupan potasium yang cukup bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh dan aktivitas listrik di organ jantung dan otot lain.

Itulah beberapa manfaat pepaya muda untuk kesehatan. Pepaya muda memang tak seenak pepaya yang sudah matang. Namun jangan ragu untuk mengonsumsinya karena pepaya muda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman