Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO


Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini menjadi semakin konsern dengan kebersihan dan kesehatan tubuh, agar terhindar dari berbagai virus (khususnya virus Corona)

Beberapa hal penting yang menjadi poin itu, pertama, kita harus mengatur asupan makanan bergizi tinggi, ditambah dengan supplement makanan kalau diperlukan. Kedua, olahraga secara teratur akan meningkatkan imunitas tubuh kita secara natural. Ketiga, menjaga kebersihan tubuh, dengan mandi dan cuci tangan secara efektif. Keempat, memelihara pikiran kita dengan hal-hal positif, agar kita menjadi penuh semangat dan happy dapat mendukung peningkatan imunitas tubuh kita

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyarankan setiap orang untuk selalu mencuci tangan demi mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol.

Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

Mencuci tangan dapat membuat Anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain. Kuman dapat menyebar dari orang lain atau permukaan saat Anda:

1. Menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

2. Makan atau menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang tidak dicuci.

3. Menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi.

4. Batuk, atau bersin ke tangan dan kemudian menyentuh tangan orang lain atau benda-benda.

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Ikuti 7 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri.

1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapan tangan.

2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.

3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.

4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.

5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.

6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.

7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Keringkan tangan dan tangan Anda sudah aman dari kotoran.


Jika dalam kondisi tertentu, tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah gunakan hand sanitizer. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol.

Walau dapat membantu mengurangi jumlah kuman di tangan dengan cepat, hand sanitizer tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman, tidak seefektif saat mencuci tangan. Hand sanitizer juga tidak dapat menghilangkan kotoran dan minyak di tangan.

Cara menggunakan hand sanitizer cukup mudah. Setelah mengoleskan gel pada tangan, gosok permukaan tangan, jari, dan sela-sela jari hingga tangan mengering.


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman