Dalgona Coffee, Kopi Viral di Korea Selatan


Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dan kampanye social distance di Korea Selatan, banyak orang yang harus tinggal dan bekerja di rumah.

Dengan lebih banyak waktu di rumah, beberapa orang  mencoba hal baru dan membuat resep makanan sendiri.

Ketika wabah terus berlanjut, anak muda Korea beralih ke platform media sosial untuk mengurangi kecemasan mereka dan untuk menemukan sesuatu yang baru untuk dilakukan.

Mereka menemukan cara sempurna untuk melawan kebosanannya, yaitu membuat kopi dalgona, yang juga dikenal sebagai kopi berbusa.

Ternyata, dalgona coffee pertama kali di buat di Korea Selatan.

Di Korea Selatan, dalgona ini merupakan jajanan ringan berbentuk permen yang juga sering disebut ppopgi. Seperti itulah awal dari dalgona coffee dan ini jadi viral.

Kopi dalgona dibuat dengan memadukan kopi instan, gula, dan air panas. Langkah yang terpenting, aduk semuanya setidaknya 400 kali untuk membuat krim.

Membuat kopi dalgona membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan upaya, tetapi itu salah satu cara untuk membunuh kejenuhan.

Para ahli mengatakan bahwa membuat hobi yang sederhana, menyenangkan di rumah dan membaginya secara online adalah kegiatan yang sehat.

Hari ini, orang memiliki kebiasaan untuk online dan mengurangi stres mereka melalui praktik yang melibatkan tindakan berulang. Ini mungkin memiliki efek yang sama dengan bermeditasi.

Jika Anda menahan diri untuk tidak keluar, Anda mungkin mengalami gejala depresi atau kecemasan.

Mengembangkan hobi dan membaginya dengan orang lain sebagai bentuk koping kolektif adalah fenomena yang sehat.

Dan seperti inilah penjelasan lengkap, beberapa fakta tentang dalgona coffee, kopi yang lagi viral.

Tekstur dari dalgona coffee sendiri berbentuk foam yang lembut. Untuk membuat challenge semakin seru, Anda harus membuatnya pakai sendok. Sebenarnya Anda bisa membuat dalgona coffee ini menggunakan mixer, tetapi tidak menjadikan hal tersebut sebuah challenge.

Jika Anda mau ikuti challenge ini, membuat dalgona coffee harus dengan menggunakan sendok melalui proses 400 kali adukan. Sebenarnya tidak perlu sampai 400 kali adukan sih, hanya perlu kopi tersebut menjadi foam saja.

Istilah 400 kali adukan ini hanya untuk memberikan kesan bahwa membuat dalgona coffee butuh waktu lama dalam mengaduk.

Meski baru viral dalam beberapa waktu ini, tapi jangan salah jika sebenarnya dalgona sudah populer sejak tahun 1970. Di Korea Selatan sendiri, dalgona merupakan permen bernama ppopgi yang memiliki tekstur seperi spons. Bahan dari permen dalgona adalah campuran gula dan minyak kemudian dimasak untuk dijadikan sirup.

Sirup gula inilah yang nantinya dilelehkan dan dicampur dengan baking soda sambil diaduk sehingga mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, campuran gula beserta bahan lainnya dituang ke tempat dengan permukaan datar. Baru dicetak menjadi bulatan dengan beragam motif di atasnya.

Untuk membuat dalgona coffee tidak sulit kok. Bahan-bahannya pun tidak mahal. Anda hanya perlu membeli coffee instan yang memiliki bubuk halus, gula putih atau brown sugar, susu cair, dan juga es batu bila Anda ingin dingin.

Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, Anda bisa membuatnya dengan perbandingan bahan 1:1:1 antara bubuk kopi instan, gula, dan air panas. Masukkan semua bahan di atas selain batu es dan juga susu putih. Kemudian, Anda dapat menggunakan mixer tangan atau alat kocok seperti garpu untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga menjadi sebuah foam yang kental.

Anda perlu mengocok atau mengaduk sampai kental dan diberi volume dengan sesekali mengangkat kocokan agar udara masuk.

Kocok hingga tekstur cair menjadi kental seperti busa. Cara mengocoknya seperti mengocok telur dadar atau whip cream.

Lebih baik Anda mengocok dengan mixer. Namun jika ingin mengocok dengan tangan, banyak orang yang mengatakan harus diaduk selama 400 kali agar mendapat hasil yang maksimal.

Jadi, jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengocok adonan dengan mesin mixer. Anda hanya perlu waktu tiga sampai lima menit saja jika memakai mixer.

Setelah itu saatnya menyusun dalgona coffee, caranya taruh beberapa es batu dalam gelas, masukkan susu.

Lalu susun busa dalgona di atas susu. Sampai dikira cukup, maka minuman pun siap disajikan.

Cobalah menikmatinya dengan kayu manis atau beberapa ekstrak vanila. Perpaduan manis dan pahit dari adonan kopi serta segarnya es susu putih melebur menjadi satu. Mudah bukan?

Anda bisa meminumnya dengan duduk bersantai bersama keluarga bak nongkrong di dalam kafe kekinian sambil bekerja.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman