Hand Sanitizer dan Penggunaannya


Di bawah ini adalah beberapa bahan untuk membuat hand sanitizer secara mandiri sesuai anjuran World Health Organization (WHO).

Bahan-bahannya adalah ethanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen, air steril atau aquades.

Jika pembuatan hand sanitizer dan alkoholnya kurang dari 60 persen, maka itu tidak cukup untuk membunuh virus.

Hand sanitizer yang tidak mengandung humektan juga berbahaya, karena akan menyebabkan kelembaban rendah. Atau ada juga bahan kimia yang seharusnya tidak digunakan seperti lysol atau bleaching agent.

Jika kandungan tidak sesuai standar maka berakibat kulit tangan kering, iritasi, timbul efek gatal-gatal hingga terjadi reaksi alergi.

Namun sebaliknya, produk yang baik itu harus berdasarkan protokol sesuai ketetapan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan.

Hand sanitizer memang bisa digunakan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, namun, penggunaan hand sanitizer tidak boleh berlebihan.

Hand santizer itu berfungsi untuk membunuh mikroba, baik bakteri maupun virus. Asumsinya, setiap orang menyentuh suatu benda atau bersentuhan dengan orang lain ada kemungkinan terjadi transmisi bakteri dan virus.

Saat membuat hand sanitizer juga harus berhati-hati karena bahan-bahan tersebut mudah terbakar.

Kendati demikian, cuci tangan dengan sabun adalah hal yang paling ampuh untuk mencegah Covid-19.

Upaya lain yang dapat mencegah terjadinya infeksi virus juga dapat dilakukan dengan menjaga diri untuk tidak menyentuh area wajah, terutama mata, hidung dan mulut. Metode pencegahan melalui rajin mencuci tangan akan lebih maksimal bila diikuti dengan menghindari menyentuh area wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut.

Apabila tidak ada opsi, gunakan hand sanitizer dengan bijak dan aman.

Penggunaan hand sanitizer harus seperlunya saja. Misalnya habis pegang gagang pintu yang banyak dipegang banyak orang atau bersalaman dengan orang lain.

Penggunaan hand sanitizer akan efektif bila tangan kotor tetapi tidak berminyak. Tetapi bila Anda tidak bisa mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, hand sanitizer bisa menjadi pertolongan darurat.

Lalu, bagaimana cara yang benar menggunakannya? Berikut adalah detailnya

1. Tuangkan atau semprotkan hand sanitizer ke telapak tangan.

2. Gosok tangan dengan seksama, pastikan bagian punggung tangan dan sela-sela jari juga terusap.

3. Usap tangan paling tidak 20 detik sampai tangan kering.

4. Jangan mengelap tangan atau membilas tangan dengan air agar hand sanitizer dapat bekerja secara optimal.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman