Kram Menstruasi dan Nyeri Haid


Nyeri menstruasi atau kram menstruasi adalah sesuatu yang dihadapi kebanyakan wanita setiap bulan. Biasanya, itu bukan hal yang buruk. Itu adalah tanda bahwa tubuh Anda memasuki siklus menstruasi. Tetapi  memahami dengan tepat apa yang terjadi di tubuh Anda akan sangat membantu

Periode Nyeri

Biasanya, nyeri kram menstruasi ringan. Tetapi kadang-kadang bisa parah. Rasa sakitnya bisa bervariasi dari tusukan tajam, hingga rasa sakit yang mengganggu yang menyebar melalui perut dan punggung bagian bawah. Beberapa wanita juga mengalami pusing, mual, diare atau muntah. Nyeri haid yang parah disebut dismenore.

Dua Jenis Kram Menstruasi

Ada dua jenis kram menstruasi: primer dan sekunder.

Dismenore Primer

Kram menstruasi umum yang disebabkan oleh siklus bulanan Anda, bukan penyakit. Anda mungkin merasakan sakit ringan hingga berat di perut bagian bawah, punggung, dan paha Anda. Itu dimulai tepat sebelum haid dan biasanya berlangsung antara 12-72 jam. Dismenore jenis ini lebih sering terjadi pada wanita muda dan sering menjadi parah sejak pertengahan 20-an dan setelah melahirkan.

Dismenorea Sekunder

Jenis dismenore ini biasanya disebabkan oleh kelainan pada organ reproduksi wanita. Beberapa kondisi ini termasuk endometriosis, fibroid, infeksi cystsor. Ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi (IUD) yang merupakan bentuk kontrasepsi. Nyeri biasanya mulai lebih awal dalam siklus menstruasi dan berlangsung lebih lama dari dismenore primer.

Apa Penyebab Kram Menstruasi?

Para ilmuwan berpikir bahwa kram menstruasi berkaitan dengan prostaglandin - zat yang membuat rahim Anda - yang menyebabkan rahim berkontraksi. Perasaan kram adalah rahim yang berkontraksi.

Pada awal haid, kadar prostaglandin tinggi, dan saat Anda mulai menstruasi, kadarnya menurun.

Menangani Kram Menstruasi

Ada banyak cara alami untuk mengatasi nyeri haid, dan banyak pilihan obat juga.

Kram menstruasi adalah rasa sakit total. Ini dapat merusak hari Anda. Tetapi tidak jika Anda tahu beberapa gerakan yang cerdas (dan nyaman).

  1. Latihan dan peregangan. Ini mengendurkan otot-otot Anda dan meringankan rasa sakit.
  2. Gosok perut bagian bawah Anda. Itu membantu mengendurkan otot.
  3. Coba pereda nyeri yang dijual bebas. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi kram. Jika Anda remaja, pastikan untuk mendapatkan persetujuan orang tua terlebih dahulu.
  4. Vitamin B1 atau suplemen magnesium dapat mengurangi kram, kembung dan gejala PMS lainnya. 
  5. Mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas untuk perut bagian bawah atau punggung. Sedikit panas bisa mengurangi efek kram menstruasi Anda.


Masih Kesakitan?

Jika Anda mencoba semua ide ini dan Anda masih merasakan nyeri haid, mungkin sudah waktunya untuk berbicara dengan seseorang. Jadwalkan janji temu dengan dokter Anda. Pastikan untuk mengambil grafik siklus menstruasi dan makanan Anda (jika ada), dan beri tahu mereka tentang obat apa pun, baik obat bebas, vitamin atau suplemen mineral yang Anda konsumsi.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman