Cara Membuat Janggelan, "Si Hitam" yang Selalu Dicari untuk Berbuka Puasa



Cincau hitam atau janggelan selalu dicari saat masuk bulan Ramadhan. Dengan tambahan es dan gula, janggelan menjadi minuman istimewa saat berbuka puasa.

Untuk membuat janggelan harus melewati beberapa tahap. Yang pertama, memotong bahan baku utama yaitu daun janggelan yang telah dikeringkan. Lalu potongan daun janggelan tersebut dimasak di tungku bejana.

Untuk memasak janggelan tahap pertama dibutuhkan waktu sampai sari janggelan yang berwarna hitam pekat terekstrasi. Lalu air rebusan janggelan disaring dan ditiriskan.

Air rebusan janggelan tersebut kemudian di masak lagi. Cairan janggelan yang sudah masak diaduk dengan campuran tepung tapioka dan terus dimasak.

Setelah bahan dipastikan tercampur rata, cetak cairan janggelan ke dalam loyang atau cetakan cincau. Jika sudah dingin, kita bisa mengemasnya jika ingin dijual 😊

Usaha janggelan ini selama bulan Ramadhan bisa menjadi sumber penghasilan juga lho....

Janggelan yang siap konsumsi banyak diburu masyarakat di bulan Ramadhan untuk campuran membuat minuman berbuka puasa. Beragam minuman bisa dibuat dari campuran janggelan seperti cendol janggelan hingga minuman coklat yang dicampur dengan serutan janggelan.

Janggelan bisa juga untuk bahan baku pembuatan minuman es campur

Janggelan kaya akan serat serta berkhasiat untuk mencegah panas dalam. Tingginya serat dalam hasil olahan janggelan juga diyakini bisa mencegah gangguan pencernaan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Janggelan juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan atau diet.

Nah berikut ini resep Es Janggelan Sederhana

Bahan:

  • 1 gelas susu UHT
  • 1 gelas air matang
  • Secukupnya cincau hitam janggelan (2 ribu dr pasar)
  • 2 sdm gulapasir/ sesuai selera (gula aren lebih enak)
  • Secuil kayu manis

Cara membuat:

  1. Cincau diserut, bisa dgn parutan keju yg agak besar
  2. Rebus air matang, kayumanis dan gulapasir sampai mendidih. (Sedikit saja kayu manisnya, sepucuk jari)Campur semua bahan dan cek rasa sesuai selera. Masukkan kulkas. 
  3. Rasanya gurih dari susu dan baunya khas dari kayu manis bikin ketagihan minum terus.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman