Leher Bengkak, Tanda Gondokan?

Kurang lebih 3 tahun yang lalu, seorang teman mengalami pembesaran pada bagian leher seperti gondok. Berdasarkan hasil scanning, ternyata hanya pembengkakan pada kelenjar leher, setelah minum obat bengkak langsung kempes. Leher kembali membesar akibat terkena flu (batuk).
Kelenjar yang membesar di bagian depan leher dalam istilah medis disebut stuma. Namun untuk memastikan penyebabnya yang paling baik adalah bila dokter memeriksa atau melihat sendiri bagian mana yang membesar. Di sekitar leher ada beberapa kelenjar gondok (thyroid). Bila itu memang pembesaran gondok (struma) perlu penanganan sesuai untuk penyakit itu. Misalnya perlu melakukan pemeriksaan darah dan kadar hormon thyroid. Bila terbukti adanya penyakit tersebut, maka perlu diobati sesuai dengan keadaannya apakah kelebihan atau kekurangan hormon thyroid.
Untuk mengetahui tumor atau bukan dilakukan scanning thyroid. Untuk mengetahui apakah bagian leher yang membesar dapat mengecil kembali, tanyakan langsung ke dokter yang memeriksa. Karena keadaan itu tergantung dari diagnosis penyakitnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman