The Mini Dari Inggris

Mini adalah mobil kecil ekonomis buatan the British Motor Corporation (BMC) dan meraih sukses dari tahun 1959 sampai 2000. Bentuk aslinya dianggap sebagai icon Inggris pada tahun 1960 an. Dengan tata ruang yang memungkinkan 80 persen dari area dalam mobil digunakan untuk penumpang dan bagasi. Kendaraan ini dalam beberapa hal dianggap setara dengan Volkswagen Beetle nya Jerman atau Fiat 500 nya Italia. Tahun 1999 Mini terpilih sebagai mobil yang paling berpengaruh kedua abad ke-20 di belakang Ford Model T.
Mobil dua pintu yang khas ini dirancang untuk BMC oleh Sir Alec Issigonis. Di produksi di Longbridge dan Cowley plants di Inggris, pabrik Victoria Park / Zetland British Motor Corporation (Australia) di Sydney, Australia dan kemdian juga di Spanyol (Authi), Belgia, Chili, Italia (Innocenti), Malta, Portugal, Afrika Selatan, Uruguay, Venezuela, dan Yugoslavia. Mini Mark I memiliki 3 update utama di UK yaitu Mark II, Clubman dan Mark III. Saat ini Mini memiliki ser yang bervariasi, termasuk di dalamnya estate car, pick-up truck, van dan Mini Moke -sejenis jeep -. Mini Cooper and Cooper "S" adalah versi sport yang sukses sebagai mobil rally, memenangkan Monte Carlo Rally empat kali dari tahun 1964 sampai tahun 1967.
Pada pengenalan di bulan Agustus 1959, Mini dipasarkan di bawah nama Austin and Morris dengan sebutan  Austin Seven and Morris Mini-Minor. Austin Seven diubah namanya menjadi Austin Mini bulan Januari 1962 dan Mini menjadi merek sendiri pada tahun 1969. Tahun 1980 kembali menjadi Austin Mini dan 1988 Rover Mini.
Tahun 1994, BMW mengambil alih Rover Group, termasuk Mini dan menambahkan airbag untuk mematuhi undang-undang Eropa.
Pada bulan Maret 2000, Rover masih menderita kerugian besar dan BMW memutuskan untuk membuang sebagian besar perusahaan. Penjualan selesai pada bulan Mei tahun yang sama. MG dan Rover diambil alih Phoenix, sebuah konsorsium baru Inggris,dan lan rover dijual kepada Ford Motor Company. BMW mempertahankan Mini dan model baru yang direncanakan, memberikan Rover hak sementara untuk menggunakan merek dan mengijinkan untuk memproduksi dan menjual model keluaran dari Mini lama. Pada bulan April 2000 keluar empat versi yaitu Mini Classic Seven, Mini Classic Cooper, Mini Classic Cooper Sport dan untuk pasar luar Eropa Mini Knightsbridge. Mini yang terakhir (sebuah Cooper Sport merah) dibuat tanggal 4 Oktober 2000 dan dipersembahkan kepada British Motor Industry Heritage Trust bulan Desember tahun yang sama. Total 5,387,862 mobil telah diproduksi.
Setelah produksi Mini terakhir dijual, nama 'Mini' dikembalikan kepemilikannya kepada BMW. Model baru yang dibuat oleh BMW secara teknis tidak berhubungan dengan mobil tua tapi tetap klasik. Mini (merek dengan style seperti Mini) kemudian digunakan BMW khusus dalam mobil kecil menyerupai Mini asli.
Mini terkini hadir dalam bentuk dan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya dengan bahan bakar yang tetap efisien dan dengan bebarapa variasi model seperti Hardtop 2 Door, Hardtop 4 Door, Countryman, Paceman, Convertible, Coupe, Roadster, John Cooper Works dengan kelebihannya masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman