Ruangan Dengan Warna Penerangan


Pada umumnya cahaya untuk penerangan hanya terbagi atas tiga macam warna cahaya, yaitu kuning (warm light), putih (day light) dan putih kebiruan (cool white). Pemilihan warna tersebut tergantung pada kesan yang ingin ditimbulkan dari suatu obyek. 
Sinar dengan warna kuning (warm light) merupakan sinar yang warnanya dibuat hampir sama dengan warna sinar matahari saat pagi atau sore hari. Sinar kuning ada yang redup dan terang sehingga dapat menimbulkan kesan berbeda. Semakin redup cahaya akan menimbulkan suasana yang semakin akrab dan hangat. Untuk sinar kuning yang terang sangat cocok digunakan di ruang kerja dan belajar. Selain itu, cahaya dengan warna kuning juga memiliki color rendering yang baik sehingga tetap terjaga kualitas warna obyek yang terkena cahaya. Ruang dapur dan makan, cocok memakai warna kuning agar warna makanan tidak berubah. Warna ini menimbulkan mood yang baik seperti meningkatkan semangat, sifat optimis dan kreativitas. Efek warna yang ditimbulkannya pada kulit dan interior cukup bagus, warna yang ditimbulkan menjadi tidak pucat.
Warna putih pada day light dan cool white menyerupai warna putih cahaya matahari. Bedanya, warna pada day light lebih ke arah putih pada umumnya, sedangkan cool white berwarna putih kebiruan. Kedua warna ini menimbulkan kesan bersih dan steril. Namun, warna ini membuat benda-benda tampak lebih pucat. Selain itu, suasana yang terbentuk pun menjadi kurang hangat, formal dan monoton. Ruang-ruang yang banyak menggunakan warna putih adalah kamar mandi, gudang, garasi dan ruangan di rumah sakit sehingga setiap sudut pada ruang dapat terlihat dengan jelas dan kesan bersih dapat di timbulkan. Warna ini juga dapat membuat konsentrasi tetap stabil sehingga sering juga dipakai di ruang-ruang kantor dan tempat kerja lainnya.
Selain ketiga warna utama tersebut, sinar juga dapat dimodifikasi menjadi berbagai macam warna tergantung pada warna bohlam lampunya. Warna yang ditimbulkan bermacam-macam seperti hijau, biru, merah, ungu, oranye dan sebagainya. Setiap warna tersebut memiliki efek yang berbeda-beda satu sama lain. Warna hijau memberikan rasa nyaman dan mengatasi stres sehingga dapat digunakan untuk relaksasi dan membuat emosi seimbang. Sentuhan warna biru juga cocok digunakan untuk beristirahat karena efek ketenangan yang ditimbulkannya. Untuk meningkatkan semangat, dapat digunakan warna merah yang berefek meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah. Ungu memiliki fungsi meditatif sedangkan oranye dapat memberikan keceriaan dan meningkatkan kreativitas.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman