Memilih Makanan Yang Baik Adalah Awal Bagi Kesehatan


Kekurangan vitamin A, yodium, zat besi atau seng merupakan sumber utama morbiditas (meningkatkan kerentanan terhadap penyakit) dan mortalitas di seluruh dunia. Kekurangan ini mempengaruhi terutama anak-anak, merusak sistem kekebalan tubuh mereka dan perkembangan normal, menyebabkan penyakit dan akhirnya kematian. Cara terbaik untuk menghindari defisiensi mikronutrient bagi yang menjalankan diet adalah dengan cara diet yang bervariasi, kaya dengan sayuran, buah-buahan dan produk hewani.
Bagi mereka yang tidak mampu diet seimbang adalah dengan mengkonsumsi makanan pokok padat nutrisi. Ubi jalar, misalnya, merupakan varietas yang mengandung provitamin A. Sayangnya, tdak ada provitamin A terkandung pada varietas padi secara alami. Dalam masyarakat berbasis beras, tidak adanya β-karoten menjadikan masyarakat ini rentan terhadap penyakit yang menyebabkan meningkatnya kematian dini, terutama pada anak kecil. Tanaman padi menghasilkan β-karoten (provitamin A) dalam jaringan hijau tetapi tidak dalam endosperm (bagian yang dapat dimakan). Lapisan luar yang bersekam -yang disebut lapisan aleuron- mengandung sejumlah nutrisi yang berharga, misalnya vitamin B dan lemak bergizi, tetapi tidak provitamin A. Nutrisi ini hilang dalam proses penggilingan dan polishing. Sementara, ada yang ingin menjaga nutrisi dengan mengonsumsi gandum, namun komponen lemaknya dipengaruhi oleh proses oksidatif yang membuat gandum menjadi tengik bila terkena udara. Masyarakat modern juga mengenal beras merah, namun beras ini tidak tepat untuk penyimpanan jangka panjang.
Meskipun semua yang diperlukan untuk menghasilkan provitamin A ada dalam gandum, namun beberapa hilang dalam proses.
Sebagian besar anak-anak yang meninggal adalah korban dari penyakit umum yang dapat dicegah melalui nutrisi yang lebih baik. Banyak orang yang sadar bahwa vitamin A memiliki manfaat untuk kesehatan mata, namun tidak banyak yang menyadari peran sentral yang dimainkannya dalam menjaga integritas dari sistem kekebalan tubuh. Untuk memastikan orang yang hidup dalam masyarakat berbasis padi mendapatkan provitamin A lengkap adalah mendidik konsumen untuk bijak terhadap pilihan yang tersedia. Pilihan yang terbaik adalah mengonsumsi makanan yang bervariasi dan memadai.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman