Mencuci Motor Dengan Baik Dan Benar


Motor merupakan salah satu alat transportasi yang praktis, jadi, kebersihan motor juga harus diperhatikan jika motor tersebut sering dipakai. Tapi kadang, karena alasan waktu, membersihkan motor jadi asal-asalan, padahal yang asal-asalan ini, bisa merusak penampilan motor itu sendiri.
Hal yang harus dipersiapkan adalah air bersih dan peralatan seperti selang air, spon, sikat, kain secukupnya, shampo motor, solar dan ember.
Yang perlu diperhatikan:
  • Air harus yang bersih, usahakan air yang kadar kandungan garamnya rendah, karena air dengan kandungan garam tinggi bisa mempercepat korosi
  • Gunakan sabun/shampo khusus untuk motor
  • Gunakan beberapa lap yang berbeda ketika akan membersihkan motor, lap untuk membersihkan bagian bawah, lap untuk membersihkan body dan lap untuk finishing.
  • Jika menggunakan spon/busa cuci (pilihlah busa yang memiliki kelembutan cukup baik)
Cara Membersihkan:
Amankan barang-barang yang ada di bagasi motor supaya tidak basah saat pencucian.
Mulailah membersihkan rantai motor dengan menggunakan solar dan sikat supanya rantai tetap dalam kondisi baik dan tidak berkarat.
Kemudian mulai siram motor secara menyeluruh. Semprot semua bagian bawah motor seperti slebor depan dan belakang. Selanjutnya, ambil air ke dalam ember dan beri shampo secukupnya. Aduk rata, kemudian mulailah membersihkan motor dengan menggunakan campuran tersebut menggunakan spon. Saputkan ke semua bagian atas motor sampai ke yang paling detail. Setelah semuanya selesai, cepat guyur dengan menggunakan air agar tidak menimbulkan noda pada bagian body motor. Selanjutnya ganti cairan shampo dengan yang baru dan mulai menyaput ke semua bagian bawah motor seperti slebor depan, jari-jari depan, veleg depan, tromol depan kemudian agak ke belakang ke bagian bawah mesin, boosstep, supit, lalu jari-jari belakang, tromol belakang, veleg belakang, knalpot dan selebor belakang kemudian sikat bagian samping ban motor. Setelah semua di rasa cukup segera guyur dengan air agar tidak meninggalkan noda yang di timbulkan sisa shampo.
Proses pengeringan, gunakan kain khusus (kanebo) sepaya hasilnya baik. Lap semua bagian body motor sampai kering. Setelah semuanya dirasa sudah cukup kering. untuk hasil yang lebih memuaskan semprotkan silikon ke body motor, Black magic untuk bagian samping ban motor. Selesai,  motor siap untuk di buat jalan-jalan.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman