Memperkenalkan Teknologi Komputer Pada Anak


Untuk dapat mengenalkan teknologi komputer pada anak, orangtua perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang potensi teknologi komputer sebagai sarana pembelajaran yang tepat dan juga perlu pemahaman yang baik tentang karakteristik anak.
Sebagai sebuah teknologi, penggunaan komputer untuk keperluan pembelajaran memiliki kelebihan dan keterbatasan.
Kelebihannya, anak dapat mengontrol kegiatan belajarnya sendiri, memberikan pengalaman belajar yang variatif, melatih kemampuan individu untuk berpikir secara logis dan sistematis.
Keterbatasannya, hanya efektif untuk digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran kognitif atau kemampuan intelektual.
Pengaruh positifnya
  • Stimulasi bagi perkembangan antara koordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan
  • Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang anak agar dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif
  • Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
  • Melahirkan suasana yang menyenangkan
  • Menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi
  • Persiapan untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi
  • Mempermudah menunjukkan suatu pengetahuan
Pengaruh negatifnya, mengakibatkan mata menjadi sakit apabila terlalu lama di depan komputer dan mengakibatkan malas belajar apabila mengenal permainan game online.
Hal yang perlu diperhatikan orangtua dalam memperkenalkan teknologi komputer adalah memilih perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak, memperhatikan keamanan anak saat menggunakan komputer dari bahaya listrik, carikan meja kursi yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh sehingga dapat dipakai dengan mudah dan nyaman, gunakan software yang dirancang khusus, misalnya nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan, meletakkan komputer di ruang publik rumah dan bukan di dalam kamar untuk mempermudah pengawasan dan mengatur waktu  penggunaan komputer agar tidak menjadikan komputer sebagai satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang sering menggunakan komputer, lebih sedikit berolahraga dan menghabiskan waktu di luar. Jika di biarkan, hal ini bisa berkembang menjadi gaya hidup yang tidak sehat.



Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman