Tips Menyimpan Makanan


Agar makanan bertahan lama, ada cara praktis berikut ini.
  1. Bumbu dapur (Jahe, lengkuas, kunyit dan lainnya)
    Bungkus dengan handuk kertas untuk menyerap kelembaban dan tempatkan dalam kantong plastik dalam laci rak.
  2. Telur
    Simpan telur dalam wadah aslinya di rak kulkas. Ini akan membuat telur bertahan selama tiga sampai empat minggu sesuai dengan tanggal penjualan.
  3. Daging yang sudah dimasak
    Simpan daging di dalam wadah yang kedap udara, dan masukkan kedalam kulkas. Wadah tersebut dirancang untuk menjaga udara dingin dan dapat membantu daging bertahan lebih dari 3-5 hari.
  4. Tomat
    Simpan tomat dalam wadah aslinya di dalam lemari es. Jangan tempatkan tomat matang di dekat sayuran, karena sayuran mengeluarkan etilen, yang dapat membuat tomat menjadi lebih cepat busuk
  5. Keju
    Bungkus keju dengan plastik atau foil. Ini akan membantu menjaga dua sampai empat bulan masa keju sesuai tanggal produksi.
  6. Yogurt
    Simpan yoghurt pada suhu sekitar 39 derajat F atau sekitar 4 derajat Celcius di lemari es Anda. Ini akan membantu menjaga 10 sampai 14 hari masa yoghurt dari tanggal awal di produksi.
  7. Susu
    Taruh botol susu di ujung kulkas dekat dengan tempat saluran udara dingin, agar dapat menjaga masa susu lebih lama.
  8. Alliums (bawang bombay, bawang merah, bawang putih)
    Simpan di tempat yang hangat dan kering seperti meja Anda. Jangan tempatkan mereka di dekat buah. Alliums mengandung senyawa belerang yang kuat, yang menghasilkan noda lain ketika disimpan dekat dengan sekitarnya. Juga jangan menyimpannya di lemari es, karena ini dapat mempercepat busuknya bawang.
  9. Semangka
    Matangkan semangka di meja Anda selama sekitar satu minggu, dan memasukkannya ke dalam lemari es sehari sebelum Anda makan. Jangan menyimpannya dekat dengan buah-buahan lainnya. Semangka mudah rusak oleh etilena, gas yang dirilis oleh buah-buahan yang dapat mempercepat kerusakan pada semangka.
  10. Jamur
    Jangan mencuci jamur Anda sebelum dimasukkan ke dalam plastik untuk di taruh di lemari es . Menjaga dalam keadaan dingin dan kering dapat mengurangi pertumbuhan bakteri.
  11. Sayuran hijau
    Simpan sayur Anda dalam keadaan kering, kelebihan kelembaban dapat membuat sayur menjadi cepat busuk. Bungkus dengan handuk kertas, masukkan dalam kantong plastik, dan simpan dalam lemari es. Jangan simpan sayuran dekat dengan sayuran dan buah – buahan lainnya.
  12. Kentang
    Simpan kentang di tempat yang sejuk, jangan menaruh kentang di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. 
  13. Wortel
    Kupas wortel, cuci, dan masukkan kedalam lemari es. Wortel besar dengan kulit, jauh lebih sensitif terhadap etilen. Jangan menyimpan wortel bersebelahan dengan buah , karena setelah satu atau dua minggu wortel akan menjadi pahit dan tidak dapat dimakan.

     

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman