Merencanakan Pesta Ulang Tahun Anak


Anda memiliki anak yang akan berulangtahun? Jika Anda ingin mengadakan pesta ulangtahun yang besar untuk mereka, akan banyak hal yang harus dikerjakan dan tentunya memerlukan perencanaan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagaimana merencanakan pesta ulangtahun untuk anak.

Menentukan Lokasi Pesta
  • Di rumah. Pesta ulangtahun di rumah bisa dilakukan jika Anda mempunyai ruang yang memadai untuk menampung tamu-tamu yang hadir dan melakukan kegiatan pesta ulang tahun yang Anda inginkan.
  • Di tempat umum. Jika Anda anggota dari sebuah komunitas, asosiasi pemilik gedung/bangunan atau tempat ibadah, Anda mungkin bisa mengatur jadwal dan memesan ruangan untuk pesta ulangtahun anak Anda. Pesta ulangtahun di lokasi-lokasi umum seperti ini biasanya murah dan beberapa mungkin bebas dengan uang jaminan. Ketika memilih lokasi umum untuk pesta ulang tahun anak Anda, Anda harus datang lebih awal untuk menyiapkan dan menerapkan dekorasi pesta ulang tahun. Juga, jangan lupa tentang perencanaan untuk mengangkut perlengkapan pesta ulang tahun dan hadiah ke dan dari lokasi pesta. Sadarilah pembatasan di lokasi pesta ulangtahun. Anda mungkin terbatas dalam menerapkan dekorasi tertentu, makanan dan minuman, permainan dan kegiatan pesta ulang tahun. Pada akhir pesta, jangan lupa untuk membersihkannya kembali. Tempat umum lainnya untuk pesta ulang tahun anak bisa kebun binatang, sekolah dan pusat rekreasi kota.
  • Di tempat penyedia layanan pesta ulang tahun. Pilihan yang cocok untuk mereka yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan dan merencanakan pesta ulang tahun anak. Biasanya memerlukan deposit untuk pemesanan pesta dan diperlukan waktu untuk menjadwalkan dua sampai tiga bulan sebelumnya untuk mendapatkan waktu dan tanggal yang Anda inginkan. Besar kecilnya pesta atau biaya per tamu di tetapkan mereka. Mereka seringkali juga menyediakan paket ulangtahun yang mencakup undangan, makanan, dekorasi dan perlengkapannya dan hiburan. Beberapa diantaranya mempunyai pembatasan untuk tidak membawa makanan dan minuman Anda sendiri. Sisi positifnya, ada orang-orang yang membantu menyiapkan pesta ulang tahun anak Anda dan  membersihkan tempat itu kembali. 
Memilih Tanggal

Pesta ulangtahun akan menjadi dunia yang sempurna jika setiap anak bisa memiliki pesta ulangtahun benar-benar pada hari kelahiran mereka. Namun, bisa jadi hari itu bertepatan dengan hari libur atau berbenturan dengan jadwal Anda dan faktor lainnya. Bukan ide yang baik untuk menjadwalkan pesta anak Anda pada hari libur, karena beberapa layanan bisnis pendukung pesta anak Anda bisa jadi tutup dan tamu sering memiliki tradisi acara keluarga tertentu, kecuali jika Anda berencana menjadikannya sebagai tema dekorasi pesta. Anda mesti menjadwalkannya dua minggu ke depan atau sebelum liburan. Untuk memastikan kehadiran tamu, Anda setidaknya mengadakan pesta (minimal) satu minggu sebelum atau sesudah liburan. Kemudian, lihat jadwal Anda untuk menghindari kemungkinan benturan antar jadwal. Pesta pada Minggu sore memberi kemungkinan lebih tinggi pada tingkat kehadiran tamu. Pesta yang dimulai pada pukul 12.30, perlu menyediakan makan siang seperti kebiasaan khas. Jika pesta hanya berlangsung dua jam dan dimulai pada pukul 14.00, maka Anda bisa hanya menyediakan kue dan es krim. Jika pesta dimulai setelah pukul 16.00, bisa disediakan makan malam.
Tidak semua bisa hadir. Biasanya 1/3 hingga 2/3 dari tamu yang diundang bisa hadir. Jadi, lakukan mengundang lebih dari yang Anda ingin mereka hadir. Jangan mengubah tanggal sesuai teman tertentu. Katakan kepada anak Anda dari awal tentang hal ini, bahwa tidak semua yang dikenalnya bisa hadir, mungkin sakit atau mendapat halangan pada saat-saat terakhir, sehingga dia akan menerima orang-orang yang hadir di pesta ulangtahunnya.
Kirim undangan pesta ulangtahun anak-anak yang Anda tahu alamat lengkap dan nomor teleponnya, kecuali mereka adalah tetangga dekat Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menindaklanjuti orang-orang yang tidak menerima undangan. Terkadang undangan menjadi hilang atau salah. Untuk tetangga, Anda bisa mengetuk pintu rumahnya atau menelepon untuk memverifikasi undangan diterima. Anda tidak pernah tahu apakah undangan telah diterima jika Anda tidak menelepon. Jangan pernah berasumsi buruk atau baik.

Memilih Tema

Anda mungkin perlu memutuskan tema 5-6 minggu menjelang tanggal pesta. Ini memberikan Anda waktu untuk menemukan, membuat atau mengamankan undangan pesta, memilih lokasi dan yang terakhir dan terutama pada berapa banyak uang yang dianggarkan dan waktu yang Anda miliki untuk persiapan pesta.
Memilih tema mungkin tampak sederhana, karena Anda mungkin sudah memiliki satu dalam pikiran. Namun, mungkin tidak begitu mudah untuk menemukan semua perlengkapan pesta: Undangan, dekorasi, perlengkapan pesta, kostum, hiburan, kegiatan, dan permainan, kartu ucapan terimakasih dan minuman. Anda mungkin perlu memikirkan kembali tema berdasarkan lokasi pesta dan ketersediaan perlengkapan pesta. Namun, tema apapun adalah mungkin selama Anda fleksibel, dan dalam beberapa kasus, sedikit kreatif. Produk dapat ditemukan di department store lokal, toko perlengkapan pesta, atau online. 
Sebuah tema kostum bersama bunga favorit anak Anda atau film populer terbaru dapat menjadi hit besar. Cara cepat dalam menentukan tema adalah dengan melihat lokasi pesta. Jika Anda sedang kekurangan waktu, maka cukup gunakan tema Ulang Tahun standar, balon dan "Happy Birthday" atau  menempatkan bunga favorit anak Anda.

Membuat Undangan Pesta

Ada beberapa bagian yang perlu dicantumkan dalam undangan, seperti tema pesta; dan/atau kostum pesta; nama yang di pestakan; hari dan tanggal; pukul berapa pesta dimulai dan pukul berapa pesta selesai; nama tempat; jalan dan kota.
Pada amplop harus tertera alamat lengkap dan alamat pengirim. Undangan harus ditujukan pada anak tertentu. Namun jika usia anak terlalu muda dan Anda tidak menginginkan pesta menjadi kacau, Anda bisa menuliskan/menambahkan satu orang dewasa pada amplop di sebelah nama anak. Anda bisa mengantarkan undangan untuk para tamu yang tinggal di dekat rumah, tidak perlu mengirimkannya melalui pos.

Kegiatan Pada Pesta Ulangtahun Anak, Hiburan dan Permainan

Beberapa orang memiliki anggaran lebih untuk menyewa beberapa hal berikut: badut, seniman balon, pelukis wajah, magician, karakter dengan kostum, pendongeng, dalang/pemain boneka, animal show atau penyanyi. Hal penting untuk diingat untuk selalu memiliki cadangan jika seorang penghibur yang direncanakan membatalkan atau gagal tampil. Jangan malu meminta teman atau kerabat jauh sebelumnya untuk membantu dengan bakat dan talenta mereka.
Seniman karikatur dapat menyenangkan dan menghibur di pesta ulang tahun anak. Sekaligus bisa menjadi hadiah kenangan bagi anak yang hadir dengan gambar-gambar karikatur masing-masing anak.
Anda bisa juga menggunakan jasa dari penyedia layanan pesta (biasanya hiburan termasuk dalam paket layanannya). Sehingga Anda tidak perlu khawatir apakah penghibur akan gagal tampil. Namun. ini mungkin cukup mahal. Walaupun pilihan cocok untuk mereka yang tidak memiliki waktu untuk persiapan pesta.
Anda juga bisa membuat permainan sendiri pada pesta ulang tahun anak Anda. Misalnya, permainan mengambil bebek atau benda lainnya dengan pancing maianan untuk menangkap benda yang mengapung di air. Atau berburu harta karun, dengan memerintahkan anak untuk menemukan amplop bertanda "X" yang tersembunyi. Di dalam amplop bisa Anda tuliskan petunjuk untuk menemukan harta karun yang bisa Anda bacakan untuk anak-anak. Petunjuk terakhir mengarah pada harta karun / penghargaan bagi anak.
Tas makan siang berbentuk boneka dapat digunakan untuk bermain dan / atau untuk menampilkan drama. Anda bisa menetapkan karakter tertentu dan kemudian mereka bisa mengangkat boneka mereka di belakang meja tertutup saat Anda membaca kisah yang berkaitan dengan tema pesta.
Orangtua/orang dewasa bisa ikut berpartispasi dalam pesta. Orangtua dapat diikutsertakan dalam lomba makan pie, bisa bermain tebak-tebakan, misalnya menebak berat suatu benda atau menebak apa yang ada dalam kotak hadiah yang dibungkus.

Makanan Untuk Pesta Ulang Tahun Anak

*** Kue Ulang Tahun ***

Memesan di toko kue bisa lebih mudah. Anda tidak perlu khawatir tentang apakah Anda cukup waktu untuk membuatnya atau menghiasnya. Sayangnya, seringkali mereka memasukkan sirup fruktosa tinggi dan non-gizi lainnya. Namun, untuk pesta ulangtahun anak-anak, mereka cenderung memiliki pilihan tema yang populer dan karakter yang pasti menyenangkan untuk pesta ulang tahun anak. Anda bisa mengambil jalan pintas dengan memesan kue dengan hanya aksen dekoratif pada bagian bawah dan bagian penulisan dan kemudian Anda bisa menghiasi dengan bola salju kecil dan mainan bertema miniatur lainnya.
Bila Anda memesan kue di toko kue, dekorasi atau tema yang Anda cari mungkin tidak segera tersedia dianatar kue yang telah siap. Biasanya butuh waktu 3 hari pemberitahuan untuk kue yang dibuat berdasarkan order. Namun membuat kue khusus, mungkin membutuhkan pemberitahuan waktu 2 minggu sebelumnya. 
Jangan lupa memberikan ruang pada kue Anda untuk lilin. Sekarang tersedia berbagai macam lilin. Lilin tradisional dengan panjang 2 1/2 inch atau lilin dengan glitter dan neon. Jika anak Anda cukup besar bisa diajak bercanda dengan "Magic" relighting lilin ulang tahun. Jangan lupa untuk mendekatkan air minum untuk memadamkan lilin yang menyala. Bahkan ada lilin bertuliskan "Happy Birthday".

*** Makanan ***

Waktu, anggaran dan lokasi sering mempengaruhi pilihan. Pizza keju selalu menjadi pilihan. Hot Dog mudah dalam persiapan dan menyenangkan bagi anak-anak, tetapi pengawasan orang dewasa diperlukan karena Hot Dog memungkinkan anak tersedak. Sandwich keju panggang yang memakan waktu, untuk pesta di rumah besar atau tempat yang menyediakan dapur. Ayam Nuggets adalah favorit anak-anak. Anda dapat membelinya dalam paket yang besar dan memanaskan dalam oven. Makaroni dan Keju bisa menjadi menu utama.
Menu tambahan bisa disajikan dengan berbagai pilihan menu sehat seperti keripik sayuran, keju stik, buah (buah kiwi, anggur) dan salad sayuran.
Makanan ringan, bisa berkreasi dengan kue bertema gula. Anda bisa berkreasi dengan Icing Decoratif.

*** Minuman ***

Soda bukan pilihan yang sehat. Air murni dengan mineral dapat dituangkan ke dalam cangkir tema pesta, Coklat atau susu biasa dan susu rasa strawberry dengan sedotan terpasang bisa menjadi pilihan sehat untuk pesta anak. 

Ucapan Terimakasih

Kartu ucapan terimakasih membiarkan semua orang tahu betapa mereka dihargai untuk menghadiri pesta ulangtahun anak Anda. Anak-anak bisa membantu memilih kartu. 
Kartu harus ditulis untuk tamu dari anak yang ulangtahun atau orangtua mereka (Anda). Tulis catatan dalam kartu dari anak Anda dan kemudian anak Anda hanya perlu menandatanganganinya. Serahkan pada anak Anda bagaimana hendak mempersonalisasi sisi kosong kartu. Bisa dengan gambar menggunakan krayon.



Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman