Mengapa Air Minum Penting Untuk Kesehatan?


Darah, otot, paru-paru dan otak semuanya mengandung air. Kita memerlukan air untuk mengatur suhu tubuh dan menyediakan sarana bagi nutrisi untk melakukan perjalanan ke organ dan jaringan tubuh. Juga membantu transportasi oksigen ke sel-sel, menghilangkan limbah dan melindungi sendi dan organ tubuh. Kekurangan atau kehilangan air terlalu banyak akan menyebabkan dehidrasi. Gejala dehidrasi ringan termasuk diantaranya adalah rasa haus, sakit pada sendi dan otot, nyeri punggung bawah, sakit kepala dan sembelit.
Bau yang kuat pada urine disertai warna kekuningan bisa menunjukkan bahwa kita mungkin kurang mengonsumsi air. Dengan catatan bahwa kita tidak sedang mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung sejumlah besar riboflavin. Riboflavin, vitamin B akan membuat urine berwarna kekuningan. Demikian juga dengan obat-obat tertentu, dapat pula mengubah warna urine.
Kita kehilangan air melalui buang air kecil, respirasi dan berkeringat. Dan kita kehilangan banyak air ketika kita sedang beraktivitas dibandingkan ketika sedang istirahat. Diuretik, seperti pil kafein, obat-obat tertentu dan alkohol meningkatkan kemungkinan kita kehilangan sejumlah air dalam tubuh. Cairan yang hilang harus digantikan dengan cairan dalam makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum.
Berapa banyak air yang kita butuhkan untuk minum? Setidaknya dua puluh persen dari air yang kita butuhkan berasal dari makanan yang kita makan. Sisanya berasal dari minuman yang kita minum. Beberapa ahli percaya bahwa kita dapat memperkirakan jumlah air yang kita butuhkan dengan menghitung berat badan kita dalam pound dan membagi dua jumlah tersebut. Maka akan di temukan jumlah berapa air yang seharusnya kita konsumsi setiap hari. Sebagai contoh, jika berat kita 160 pounds setidaknya kita minum 80 ounce air atau cairan lainnya setiap hari. Di luar faktor-faktor lain seperti aktivitas fisik dan iklim di mana kita tinggal, perhitungan ini dapat membantu kita menentukan berapa banyak air yang kita butuhkan untuk minum setiap hari.
Air mungkin adalah pilihan terbaik untuk rehidrasi karena murah dan tidak memiliki kalori atau bahan tambahan. Air kran dan kemasan seringkali mengandung fluoride, untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Pemanis dalam softdrink dan soda telah ditambahkan gula yang menambah extra kalori tetapi tidak ada tambahan nilai gizi. Minuman olahraga mengandung mineral yang membantu menjaga elektrolit dan keseimbangan tubuh, yang baik untuk memulihkan kesegaran tubuh setelah kerja keras, tetapi jika kita melihat lebih jauh, tambahan gula dan kalorinya mungkin tidak kita inginkan. Jus buah dan sayuran bisa menjadi pilihan yang baik, karena memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Minuman berkafein seperti teh dan kopi, bila tertalu banyak akan membuat Anda merasa gelisah.


Produk terkait:
OXY drinking water

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman