ANAK GAMPANG SAKIT

Terkadang ibu mendapati bahwa ada perbedaan dalam masalah kesehatan antara anak pertama dan adik-adiknya. Mungkin si sulung tidak punya masalah kesehatan yang mengkhawatirkan tapi si bungsu gampang sekali terserang batuk, pilek dan demam. Lantas, apakah penyebabnya?
Sejak lahir, seorang anak sangat dianjurkan untuk meminum ASI.
Susu formula yang diproduksi sekarang ini meskipun tidak sebaik air susu ibu, kandungannya sudah hampir mirip dengan air susu ibu. Hanya saja susu formula tidak punya zat antikekebalan seperti ASI. Dengan demikian, anak yang tidak meminum ASI cenderung lebih mudah terserang penyakit.
Ada bermacam-macam penyebab, jika si kecil sering terserang batu pilek dan demam atau biasa disebut batuk kronis berulang (BKB), bisa bakteri, virus, jamur atau alergi.. Penyebab dari bakteri biasanya adalah bakteri TBC, tapi ini dapat diprediksi dengan memantau berat badan anak setiap bulannya, apakah naik atau tidak, atau dapat pula diketahui dari nafsu makannya.
Alergi adalah penyebab yang paling sering dari BHB karena faktor pemicunya cukup banyak. Itulah sebabnya kita perlu secara seksama mencapai penyebab alergi tersebut.
Kalau penyebabnya alergi, pengobatannya adalah menghindari faktor pemicu dan pencetusnya. Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terdekat agar dapat ditemukan faktor penyebabnya.
Harap diingat dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, daya tahan tubuhnya akan lebih baik dan tak mudah sakit.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman