KEBUTUHAN DALAM PESTA PERNIKAHAN

Menyelenggarakan pesta pernikahan memang gampang – gampang susah, terutama dalam mengatur aliran dana yang akan dikeluarkan untuk pesta pernikahan, namun sebetulnya ada kebutuhan yang paling mendasar dimana hal tersebut menjadi bagian paling penting dalam menyelenggarakan pesta pernikahan.
Ada 6 kebutuhan paling penting dalam pesta pernikahan, yaitu
  1. Makanan dan minuman, ini faktor utama yang akan menyedot biaya pesta pernikahan paling besar. Ada sekitar 30 – 40% biaya pesta pernikahan Anda akan tersedot kemari, yang termasuk didalam faktor ini selain makanan dan minuman, ada biaya sewa tempat resepsi pernikahan, bila pesta yang Anda selenggarakan di resto atau yang menyediakan jasa katering, biasanya harga sewa gedung pernikahan sudah termasuk didalamnya. Anda dapat menghadiri wedding expo dimana Anda bisa langsung melakukan food test di beberapa vendor latering pernikahan.
  2.  Dekorasi dan hiburan, didalam ini termasuk dekorasi panggung, kue pengantin, bunga, tenda, AC tambahan, lighting, sound system, dan hiburan yang akan Anda tampilkan dalam acara resepsi pernikahan, setidaknya 25 – 30%  biaya pernikahan akan Anda alokasikan untuk kebutuhan ini. Anda harus sudah menyusun rundown acara sejak H-1 hingga hari H. Anda harus mempunyai konsep acara yang Anda inginkan kemudian "menerjemahkan" konsep tersebut ke dalam susunan acara. Anda juga perlu melihat penampilan pengisi acara, baik secara langsung ataupun melalui video. Kemudian, tentukan lagu-lagu yang ingin ditampilkan, jika Anda memiliki permintaan khusus.
  3. Bridal dan Tailor, faktor yang berisikan mengenai jas pengantin pria dan gaun pengantin wanita, termasuk didalamnya , tata rias wajah pengantin, tata rias orang tua, tata rambut untuk pengantin, ada sekitar 10 % biaya akan Anda keluarkan untuk porsi ini. Jika Anda telah menentukan paket pernikahan, Anda harus memilih gaun pengantin atau kebaya yang disewakan. Anda harus menentukan warna dan bahannya, menetapkan desain gaun pengantin pernikahan atau kebaya pengantin. Kemudian, tentu saja Anda harus selalu datang saat fitting agar pas saat digunakan. Tentukan juga make up artist yang sesuai keinginan dan budget Anda. Make up artist biasanya juga memiliki contoh rias wajah dan rambut, karena itu Anda akan diminta memilih model konde (tradisional atau modern), aksesori rambut, atau model bulu mata saat test make up.
  4. Fotografi dan videografi, tentunya faktor ini tidak akan Anda lewatkan, karena 2 keahlian ini yang akan mengabadikan pesta pernikahan Anda dalam bentuk album foto dan rekaman video, kurang lebih 10% Anda perlukan untuk kebutuhan fotografer dan videografer pernikahan. Tentukan fotografer pernikahan dan videografer pernikahan berdasarkan portfolio-nya, atau konsep yang ditawarkan. Akan sangat membantu bila Anda pun mempunyai "bekal" konsep foto untuk undangan atau foto pre-wedding, misalnya. 
  5. Kartu dan Souvenir, faktor yang berhubungan dengan urusan alat tulis dan cetak mencetak, seperti kartu undangan pernikahan, souvenir pernikahan, ucapan terima kasih, setidaknya Anda akan mengalokasikan dana sekitar 5% untuk kebutuhan kartu undangan pernikahan dan souvenir pernikahan. Sesuaikan kartu undangan pernikahan dengan budget Anda atau membuat desain kartu undangan pernikahan sesuai konsep yang Anda inginkan. Pilih desain undangan yang paling sesuai keinginan, dan memeriksa teks yang akan ditulis. Memilih souvenir pernikahan yang sesuai budget akan cukup memakan waktu. Anda tak perlu berburu ke pasar atau ke tempat workshop pembuat wedding souvenir, namun Anda dan pasangan bisa menentukan souvenir dengan cara browsing di internet berdasarkan harga yang sesuai budget. 
  6. Administrasi, faktor ini sering kali terlewatkan bahkan lupa disadari bahwa biaya ini juga ada, misalnya biaya pajak, perijinan, keamanan, transportasi, makanan kecil, serta kebutuhan – kebutuhan kecil yang tidak terduga. Setidaknya ada sekitar 5% biaya pernikahan Anda akan disiapkan untuk mengatasi hal ini.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman