Jadilah Pusat Perhatian dengan Mata Bagai Seorang Model

Mata merupakan bagian wajah yang paling diperhatikan. Ketika berbicara, seseorang biasanya akan secara refleks menatap daerah bagian mata lawan bicaranya.  Memiliki mata yang indah tentu saja dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang.
Bagaimana cara membuat mata menjadi tampak indah dan mempesona?
Jika Anda merasa tidak puas dengan bentuk mata yang Anda miliki, janganlah berkecil hati karena Anda dapat melakukan teknik mempercantik penampilan Anda sesuai bentuk mata Anda

Untuk Mata Sipit
1. Bila tidak memiliki lipatan atau kelopak mata, gunakan scotch tape. Caranya adalah gunting sebesar 2-3 mm, bentuk menjadi seperti bulan sabit dan tempelkan di atas garis samar kelopak mata. Ini akan membentuk lipatan atau kelopak mata.
2. Saat menggunakan eyeliner, jangan membuat garis terlalu panjang sampai melewati sudut mata luar yang akan membuat mata terlihat segaris.
3. Gunakan riasan smoked eyes dengan menggunakan eyeshadow yang berwarna agak gelap seperti coklat tua, biru tua, ungu tua, hijau tua atau abu-abu tua.
4. Bila Anda ingin menggunakan bulu mata palsu, hindari bulu mata yang terlalu besar dan tebal karena akan terlihat tidak alami. Pilihlah bulu mata berdiameter setengah atau bulu mata satuan.
5. Gunakan maskara agak tebal agar memberi kesan mata bulat.

Untuk Mata Besar
1. Anda dapat menggambar garis memanjang dengan menggunakan eyeliner sampai melewati sudut bulu mata.
2. Hindari eyeshadow berwarna gelap. Sebaliknya gunakan eyeshadow berwarna silver atau warna terang lainnya.
 

Untuk Mata Berkantung
1. Setelah menggunakan alas bedak, Anda dapat menutupi kantung mata dengan menggunakan concealer. Perlu diingat, agar tidak terlalu tebal menggunakan concealer untuk menutupi kantung mata karena akan menimbulkan tumpukan dan kerutan yang tidak alami. Pilih concealer yang warnanya mendekati warna alas bedak agar terlihat alami.
2. Gunakan bedak tabur untuk meratakan warna pada daerah bawah mata.
3. Pilih eyeliner dengan warna yang tidak terlalu gelap agar area mata tidak terlihat semakin gelap. Warna coklat tua cocok digunakan, baurkan secara alami pada mata.

Untuk Mata Berjauhan
1. Buat shading yang memberi kesan untuk mendekatkan mata.
2. Perpanjang pangkal alis sehingga mata terlihat lebih dekat.
3. Hindari menggunakan eyeshadow dengan warna terang pada sudut mata bagian dalam.

Untuk Bentuk Mata Berbeda
1. Gunakan bulu mata palsu. Caranya adalah dengan menggunakan sesuai bentuk mata untuk mata yang lebih bagus. Sedangkan untuk mata lainnya, pasang bulu mata pada bagian sudut luar mata pada posisi lebih tinggi.
2. Buat garis sudut luar mata dengan menggunakan eyeliner lebih tebal.
3. Usapkan maskara agak tebal pada sudut luar mata yang ingin dikoreksi.

Untuk Mata Turun
1. Gunakan scotch tape pada kelopak mata.
2. Pilih eyeliner warna hitam dan pakai lebih tebal pada sudut luar mata bagian atas maupun bawah.
3. Baurkan eyeshadow warna gelap agar mata terlihat lebih besar. Gunakan eyeshadow dengan cara ditarik mulai dari 1/3 sudut luar kelopak ke arah atas hingga membentuk sudut 90 derajat.

Selain teknik-teknik diatas, beberapa hal di bawah ini juga perlu mendapat perhatian

Kondisi kantung mata
Kantung mata yang menjadi sembab tentu saja akan membuat menampilan pada mata Anda akan berkurang keindahannya, nampak lelah dan tidak bercahaya. Mata sembab dapat terjadi karena disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah kurang tidur dan kurang minum air putih. Untuk mengatasi mata yang sembab, cobalah untuk mengompres mata dengan timun atau dengan punggung sendok yang ditaruh di freezer minimal satu minggu sekali.

Timbulnya lingkaran hitam
Selain karena faktor keturunan, penyebab timbulnya lingkaran hitam adalah karena faktor usia, kurang tidur, polusi dan stres, kekurangan nutrisi, hiperpigmentasi, paparan sinar matahari dan kelebihan obat-obatan.
Untuk menghilangkan lingkaran hitam, anda dapat mencobanya dengan menggunakana minyak almond. Caranya, oleskan minyak almond di bagian bawah mata, kemudian pijatlah secara perlahan saat sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap hari selama 3 minggu. Dapat juga dengan menggunakan potongan kentang atau mentimun. Gunakan untuk mengompres mata sekitar  10 menit. Hal ini berfungsi untuk memperlancar peredaran darah pada mata. Anda juga dapat menggunakan es batu untuk mengompres. Caranya dengan mengusapkan es batu di sekeliling daerah mata.

Kerutan di daerah mata
Kerutan di daerah mata biasanya muncul akibat faktor usia. Untuk menghilangkan kerutan yang ada di daerah mata, Anda dapat mencoba menggunakan kosmetik atau dengan cara alami,  misalnya buah nanas. Cukup mengiris tipis buah nanas, tempelkan pada bagian mata yang berkerut. Biarkan sari buah nanas menempel dan tunggu sampai kering di wajah. Setelah 15-25 menit, angkat nanas dari wajah kemudian basuh wajah Anda dengan sabun dan air. Dehidrasi dikatakan juga dapat menyebabkan munculnya keriput. Untuk menghindari terjadi dehidrasi sebaiknya Anda lebih banyak minum air putih.

Atasi mata merah atau menguning
Hindari mengucek mata agar tidak terjadi iritasi, dan atasi dengan segera bila hal itu telah terjadi. Bila mata merah, obati segera.  Sedangkan untuk mengatasi bola mata yang menguning dan gangguan lainnya, Anda harus konsultasi pada dokter mata.

Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran
Kandungan mineral, vitamin pada buah adalah merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan mata, disamping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.

Rawat bulu mata
Rawat bulu mata menggunakan maskara yang mendukung pertumbuhan bulu mata. Pulas maskara beberapa kali di bulu mata untuk menegaskan mata indah Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman