Menyeimbangkan Badan, Pikiran dan Jiwa

Mungkin banyak dari kita yang familiar dengan kata "YOGA" . Mungkin kita juga tahu manfaat dari Yoga, salah satu praktek kesehatan dan kebugaran dunia paling kuno. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "penyatuan" atau "menekuk" dan tujuannya untuk menyeimbangkan badan, pikiran dan jiwa, tidak hanya melalui latihan tapi melalui perubahan menyeluruh dalam gaya hidup. Maka, banyak kelas yoga mengajarkan tentang pola makan, meditasi dan spiritualitas. 
Yoga adalah salah satu alat paling kuat yang ada untuk tetap muda. Beberapa dari postur terbaliknya seperti berdiri dengan kepala sangat kondusif untuk menunda proses penuaan.
Jika Anda mengambil contoh dari jantung, jantung tidak pernah libur atau istirahat. Setelah 30 sampai 40 tahun berdetak terus tanpa istirahat, tekanannya menjadi sedikit lambat dan kemudian jantung tidak bisa memompa darah dengan baik ke kepala dan mata Anda. 
Yang terjadi adalah, Anda mulai kehilangan rambut, pandangan mata mulai terpengaruh dan tidak bisa mendengarkan dengan jelas, rambut menjadi uban, ada keriput di wajah. Beginilah yoga membantu, jika Anda melakukan latihan berdiri dengan kepala, yang terjadi kemudian adalah, terdapat sirkulasi darah menuju ke badan dan wajah Anda dan setiap syaraf kecil.
Beberapa tahun terakhir ini, penelitian tentang efek yoga menemukan bahwa praktek ini bisa membantu mengurangi sakit punggung, multiple sclerosis dan insomnia. Penelitian lain menunjukkan, yoga membantu mengurangi atau mengatasi kanker, penyakit jantung dan tuberkolosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal kesehatan fisik, meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan stamina seseorang.
Yoga juga sangat efektif dalam mengurangi atau menghilangkan penyakit terkait stres seperti sakit kepala migrain, sakit perut dan sindrom iritasi buang air besar.
Selain merupakan bentuk latihan yang kuat dan efektif, yoga juga membantu memurnikan pikiran dan badan. Banyak pelaku yoga menyatakan, bahwa setelah berlatih yoga selama beberapa waktu, mereka secara otomatis melepaskan kebiasaan buruk, seperti minum alkohol dan merokok.
Yoga bukan hanya menyantaikan pikiran dan badan, tapi juga meningkatkan stamina dan energi, dengan bernafas dalam-dalam sambil mengubah gerakan atau diam dalam suatu posisi.
Pola makan juga memainkan peran penting dalam latihan yoga. 
Yoga membuat kemajuan secara fisik, mental dan spiritual, seperti membuat riak di kolam, menyebar dalam lingkaran membesar dan dengan pasti mempengaruhi hari-harinya. 
Berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan di kantor pada waktu luang :
Ardha Kati Chakrasana (Postur setengah lingkaran)
Manfaat: membantu fungsi tulang punggung dan hati
  1. Berdirilah tegak lurus dengan posisi kedua kaki merapat. Posisi lengan juga dirapatkan dengan badan. Telapak tangan terbuka dan jari-jari diluruskan. Langkah awal ini merupakan suatu Asana yang disebut Taladasana.
  2. Sambil menarik nafas, perlahan-lahan angkat lengan kanan sehingga menyentuh telinga kanan. Posisi telapak tangan menghadap keluar (menghadap ke kiri).
  3. Lekukan badan ke kiri sambil menghembuskan nafas dan menggeser tangan kiri ke bawah. Dalam keadaan ini, benafaslah secara normal.
  4. Jangan menekuk lutut, pertahankan posisi ini selama 20 detik hingga 1 menit. Lalu, kembalilah ke posisi sebelumnya sambil menarik nafas. Lengan kanan, diturunkan kembali ke posisi awal.
  5. Lakukan latihan yang sama dengan lengan kiri.
Ardha Chakrasana (Postur separuh roda)
Manfaat: membantu sirkulasi darah ke kepala sehingga mengurangi stres.
  1. Langkah awal sama dengan di atas, yaitu dengan tadasana. Berdiri tegak lurus dengan kedua kaki rapat. Lengan merapat dengan badan, telapak tangan terbuka dan luruskan jari-jari.
  2. Sambil menghembuskan nafas, berikan support pada badan dengan meletakkan kedua tangan di pinggang.
  3. Pelan-pelan, lekukkan badan ke belakang sambil menarik nafas. Pertahankankan posisi ini selama 20 detik hingga 1 menit. Napas normal kembali. Lalu, kembalilah ke postur sebelumnya.
  4. Kemudian turunkan tangan ke bawah untuk kembali ke posisi tasadana.
Salamba Sirsana (Postur tumpuan kepala)
Manfaat: Dapat mengatasi depresi. Keseimbangan dengan kepala dinamakan juga sebagai ’raja dari semua postur’. Postur ini menjaga keseimbangan dan menstimulasi otak.
  1. Letakkan matras atau alas yang tebal seperti lipatan selimut yang tebal di lantai. Berlututlah di depan alas dengan kaki dan lutut merapat. Letakkan siku, tangan dan pergelangan pada alas dalam keadaan sejajar dan posisi jari-jari saling mengunci. Usahakan agar siku berada tepat di bawah bahu.
  2. Julurkan leher dan turunkan kepala hingga bagian tengah atas kepala menyentuh alas. Telapak tangan menahan bagian belakang kepala.
  3. Luruskan kaki, naikkan bagian pinggul sambil menarik nafas dan gunakan ujung kaki untuk berjalan ke depan hingga bagian punggung hampir tegak lurus dengan lantai. Tahan 20 detik hingga 1 menit. (Catatan: bila terjadi tekanan yang mengakibatkan ketidaknyamanan pada bagian kepala, mata, telinga dan leher, hentikan segera dan coba keesokan harinya.)
  4. Perlahan-lahan tekuk kembali kaki untuk kembali ke posisi berikutnya. Lalu kembali ke posisi awal.
Pada saat melakukan yoga, sebaiknya gunakan pakaian longgar dengan melepaskan kancing lengan baju dan melonggarkan dasi. Karena, baju yang terlalu ketat dapat mengganggu pernafasan, pencernaan dan sirkulasi darah. Saat melakukan yoga, sebaiknya selalu memejamkan mata dan rasakan perubahan-perubahan yang dialami. Yoga bukanlah fitnes, karena itu, lakukanlah dengan penuh perasaan.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman