MADU

Tentunya kita semua tahu, seperti apa sih madu itu..., cairan menyerupai sirup tetapi lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah. Selain madu yang dihasilkan lebah, di pasaran beredar pula madu tiruan atau sintetis.
Madu bisa berfermentasi maka jika ditutup dalam tempat yang tertutup rapat, tempatnya bisa pecah jika gas hasil fermentasi tidak dibuang. Supaya tidak pecah pada tutup botol harus di beri lubang kecil untuk pembuangan gas.

Madu yang dihasilkan Lebah

Madu di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu madu hasil lebah ternak dan madu hutan. Yang di maksud madu ternak adalah madu tersebut diambil dari nektar bunga pohon-pohon tertentu seperti rambutan, kelengkeng, durian dan sebagainya. Ketika pohon-pohon tersebut sedang berbunga, maka di giringlah lebah-lebah yang sudah berada dalam kotak kotak menuju perkebunan pohon tersebut. Ciri khas dari madu ternak adalah aroma madunya sesuai dengan nektar bunga dari pohon yang dihinggapi. Sedangkan madu hutan lebih variatif nektar bunganya karena dihisap dari berbagai pohon. Madu hutan ini di kenal lebih baik karena lebih banyak mengandung nutrisi yang terdiri dari mineral dan vitamin. Jadi lebah madu hutan pun lebih baik daripada lebah madu ternak. Madu terbaik jenis ini tidak akan beku walaupun diletakkan di freezer selama berbulan-bulan karena kadar airnya dibawah 20%. Kendati demikian, baik madu hutan maupun madu ternak mempunyai kelemahan. Ketika dipanen pada musin hujan, madu akan banyak mengandung air hujan, sedangkan sifat air hujan sendiri bersifat asam. Selain menyebabkan lebih cair, madu juga teroksidasi udara menjadi lebih asam dan akan terfermentasi. Akibatnya, timbul gas yang bisa menjebol tutup botolnya. Semut pun tidak mau menghampiri karena rasanya yang masam-masam manis. Bila madu jenis ini, dimasukkan kedalam freezer akan mudah beku meski termasuk asli.

Madu Sintetis

Madu palsu atau tiruan adalah larutan yang menyerupai madu. Dibuat tanpa pertolongan lebah atau menggunakan gula sebagai nektar. Umumnya mempunyai warna sama dengan madu asli. Madu sintetis yang beredar diantaranya adalah madu melon, labu, semangka dan kurma. Madu palsu telah banyak diproduksi orang dengan mencampur glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Pedagang nakal terkadang melakukan campuran dengan gula tebu atau gula aren. 

Membedakan Madu Asli dan Madu Sintetis
  • Pengujian yang paling praktis adalah dengan menggunakan pH meter. Madu palsu biasanya memilik pH 2,4-3,3 atau diatas 5, sedangkan madu asli mempunyai pH 3,4-4,5
  • Meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring di goyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran karena nutrisinya sudah jauh berkurang.
  • Sama seperti diatas, namun piringnya tidak digoyang-goyang. Cukup didiamkan saja. Madu asli yang memilik kadar air rendah tidak akan membuat air di piring menjadi keruh. Sedangkan madu yang telah di campur atau madu buatan, perlahan-lahan akan membuat air menjadi keruh. 
  • Semut sebagai indikator. Pada dasarnya sifat semut suka yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Namun, semakin kental madunya ( kadar air rendah ) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi ( diatas 20% ) maka semut mudah menghampiri.
Khasiat Madu

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari madu, dalam mengkonsumsi sebaiknya menggunakan takaran yang di rekomendasikan. Pada umumnya, untuk orang dewasa 3 x 1 sendok makan sedangkan untuk anak-anak 3 x 1/2 sendok makan, di campur dengan air hangat sebanyak satu gelas.
Jika minum teratur, berkhasiat untuk menjaga kesehatan badan dan bagi yang baru sembuh dari penyakit bisa cepat pulih kesehatannya. Suhu tubuh dan detak jantung akan lebih stabil. Teh hangat yang di campur madu adalah minuman yang bagus untuk mengawali hari.
Jika takaran minum tersebut di atas membuat mencret ( diare ), disarankan untuk mengurangi takarannya karena madu asli akan mempengaruhi aktifitas kelenjar getah perut, jika terbiasa takarannya bisa di tambah.
Selain untuk kesehatan, madu berkhasiat pula untuk kecantikan. Sebagai masker untuk mengencangkan wajah, menghilangkan bekas jerawat dengan mengoleskannya pada bagian tersebut, sebagai conditioner rambut, mengangkat kulit mati, melembutkan dan melembabkan bibir, dan lain lain.
Manfaat dan khasiat madu di atas akan benar-benar terasa jika yang digunakan adalah madu asli. Jika madunya palsu atau campuran, tentu hasilnya akan sangat jauh berbeda.



Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman