MERAWAT KULIT SETELAH BEROLAHRAGA

Olahraga selain menyehatkan tubuh, juga bisa membuat keindahan kulit alami muncul. Namun, jika metode perawatan kulit salah, justru masalah pada kulit akan timbul. 
Banyak orang memilih mengenakan pakaian olahraga yang ketat. Hal ini mengakibatkan pori-pori kulit menjadi tertutup dan tergenang oleh keringat. Alhasil kotoran kulit pun mengumpul. Bagi mereka yang berkulit sensitif, keringat dan kotoran tubuh yang keluar saat olahraga menimbulkan masalah seperti kulit merah-merah, juga jerawat yang parah. 
Untuk menghindari masalah diatas, berikut beberapa kiat yang bisa Anda ikuti :
  1. Mengikat rambut dan memakai bandana untuk mencegah poni jatuh ke bagian dahi. Bagian dahi dan leher adalah bagian kulit yang sensitif. Membiarkan rambut dalam keadaan berkeringat dan kotor jatuh di bagian kulit tersebut dapat menimbulkan masalah gatal-gatal dan jerawat.
  2. Selesai olahraga, segera lepas baju yang telah basah oleh keringat (termasuk juga bandana). Mandi adalah kegiatan yang paling tepat - agar sisa keringat yang kotor tak sempat bersarang di pori-pori. Untuk Anda yang suka nge-gym body scrub lembut setidaknya dua atau tiga kali seminggu dan menerapkan body lotion setelah mandi, sedangkan yang hoby berenang gunakan shower gel saat penyabunan (busa tidak membuat Anda lebih bersih, tapi bilasan airlah yang membersihkan). Lakukan pengulangan sebanyak dua kali. Demikian pula saat Anda mencuci rambut Anda. Terapkan body lotion selalu setelah mandi. 
  3. Sauna juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan setelah berolahraga. Namun jangan terlalu lama berada di dalam sauna karena bisa membuat kelembaban alami kulit menghilang. 
  4. Hindari memakai busana yang terlalu ketat apalagi memilih bahan yang tidak menyerap keringat. Selain membuat pori-pori kulit tertutup keringat dan kotoran baju ini juga kurang baik bagi kesehatan Anda. 
  5. Saat berolahraga tidak perlu menggunakan make-up yang berlebih. Cukup gunakan tabir surya, bila olahraga outdoor yang Anda lakukan dan sedikit lipstik. Namun jika Anda tidak cukup PD (percaya diri) jika tidak ber-makeup, pilihlah formula berbahan dasar air atau gel. Dan setelah sesi olahraga selesai, segera bersihkan wajah.
Olahraga menjadikan kita lebih sehat, namun akan menimbulkan masalah baru jika kita tidak menjaga kesehatan kulit setelah berolahraga. Melindungi dan merawat kulit dengan benar setelah sesi olahraga akan memungkinkan kita menikmati kesehatan lebih baik.

Comments

  1. It's hard to find well-informed people on this subject, but you seem like you know what you're talking about!

    Thanks

    Here is my blog post; Luminique Reviews

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman