SENI MELUKIS TUBUH

Tato suku Dayak
Body Painting atau Seni Melukis Tubuh mungkin sudah tak asing bagi kita, karena jenis melukis yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Dalam berbagai kebudayaan, sudah lazim di kenal tehnik melukis tubuh yang dinamakan tato. Tato konon berasal dari kata 'tatu' yang artinya tanda. Di Indonesia pun ada beberapa suku bangsa yang mengenal tradisi tato antara lain Suku Dayak di Kalimantan dan Suku Mentawai di Sumatera. Suku bangsa lainnya di dunia yang mengenal tato antara lain Suku Inca di Amerika, suku Ainu di Jepang dan Maori di Selandia Baru.

Tradisi tato, rajah atau melukis tubuh selain mengandung unsur kepercayaan dan magis, juga merupakan simbol terhadap status maupun strata seseorang dalam komunitasnya. Tato atau lukisan pada tubuh seseorang memang di buat dengan maksud dan tujuan tertentu, serta sebagai media komunikasi dalam sebuah komunitas. Melalui lukisan yang terdapat pada tubuh itu pula, anggota komunitas dalam suatu masyarakat adat mengenal anggota lainnya.
Alat Tato Suku Maori

Alat yang di gunakan sangat sederhana. Pewarnanya pun berasal dari bahan alam yang mudah di jumpai di sekitar tempat mereka tinggal. Karena itu variasi warnanya pun biasanya hanya berkisar pada warna natural seperti hitam atau coklat.

Tato Modern
Seiring perkembangan jaman, seni melukis tubuh juga mengalami modifikasi, meski maksud dan tujuannya tak jauh beda. Pembuatan lukisan pada tubuh selain memberikan kebanggan juga merupakan bentuk ekspresi diri. Jika jaman dulu, seni melukis tubuh (tato) bersifat menetap, saat ini berkembang pula jenis tato temporer yang sifatnya sementara. Karena itu penggemar tato ini cukup banyak.

Seni Body Painting

Body Painting umumnya melukis separuh atau bahkan keseluruhan tubuh si pemakai. Warna yang di tampilkannya pun lebih bervariasi. Disainnya bermacam-macam. Ada yang menirukan motif kulit hewan tertentu, motf bunga dan gaya natural lainnya, ada pula yang memilih gaya abstrak. Namun tak sedikit yang menirukan gaya berpakaian tertentu. sehingga selintas terlihat orang tersebut memakai baju.

Saat ini, Melukis Tubuh atau Body Painting merupakan salah satu kegiatan styling make up dan untuk pertama kalinya festival Body Paint di adakan di Austria tahun 1996 dan akhirnya 12 tahun kemudian atau tepatnya 2008 Korea mengadakannya di Daegu.

Berikut beberapa contoh seni Body Paint

Animal Skin

Motif Bunga

Abstrak

 
Motif Pakaian

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman