MENGAPLIKASIKAN DAN MEMILIH BEDAK YANG SESUAI DENGAN KULIT WAJAH

Hampir setiap wanita akrab dengan bedak.Bedak yang bagus untuk wajah ada berbagai macam. Sepakat atau tidak, kelihatan cantik sempurna adalah salah satu tujuan kita berdandan. Sempurna berbungkus kulit yang halus, licin dan berkilau tanpa cela. Dan satu-satunya benda ajaib yang bisa menjawab kebutuhan semua ini adalah bedak. Sebuah cendera mata teknologi modern yang menjadi beauty most wanted sepanjang sejarah. Kira-kira begitulah fungsi bedak pada umumnya. Meskipun fungsinya sama, kebutuhan tiap-tiap orang berbeda.

Berdasarkan Jenis Kulit :
Untuk kulit berminyak, gunakan bahan bedak gunakan bahan bedak yang mengandung bahan penyerap minyak, agar wajah tampil segar tanpa kilap. Sedangkan untuk kulit normal atau kering, gunakan bahan bedak yang mengandung pelembab agar tidak menggumpal pada kulit wajah, hingga wajah tampak halus.

Tips :
Untuk kulit berminyak. Jika kulit tampak mengkilap tengah hari, jangan langsung bubuhkan bedak. Serap dulu minyak tersebut dengan tisu. Baru bubuhkan bedak. 
Untuk kulit kering. Cermati agar Anda tidak menggunakan bedak terlalu banyak. Selalu gunakan (moisturizer) sebelumnya, untuk menghindari menggumpalnya bedak pada garis-garis wajah. 

Tipe bedak :
Umumnya bedak terdiri dari dua bentuk. Yaitu bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (compact powder).

Bedak Tabur (Loose Powder)
Formulanya ringan dan halus. Menghasilkan sapuan natural yang bebas kilap. Cocok digunakan pasca olesan alas bedak atau pelembab. Sangat baik untuk kulit berminyak.
Tips pakai :
a. Gunakan setelah pemakaian alas bedak untuk daya coverage sempurna. Gunakan spons.
b. Pakailah setelah olesan pelembab untuk natural finish look. Gunakan kuas. Gerakkan dengan arah memutar. Mulai dari tengah, keluar hingga ke seluruh wajah.

Bedak Padat (Compact Powder)
Paduan bedak dan alas bedak ini telah dilengkapi whitening complex yang menghambat pembentukan melanin. Tapi sapuannya menjadikan wajah tampak setingkat lebih cerah.
Tips pakai:
a. Bersihkan wajah dengan cleanser, freshner dan oleskan pelembab.
b. Gunakan spons kering untuk penggunaan sebagai bedak padat dan touch ups. Dan basahi spons untuk sapuan “berdaya” maksimal.

Note : Pemilihan bedak ini tergantung dari kebutuhan Anda. Bedak tabur tidak praktis untuk di bawa bepergian, karena bisa tumpah. Untuk merias wajah di rumah, gunakan bedak tabur. Untuk merapikan riasan wajah di luar rumah, gunakan bedak padat. Bedak padat selain praktis, juga bisa di sesuaikan jumlah pemakaiannya. Jika Anda kesulitan dalam memakai pembubuhan bedak (cenderung untuk terlalu banyak membubuhkan bedak), lebih baik gunakan bedak padat saja.

Agar pengaplikasia bedak terlihat sempurna, sebelum pembubuhan bedak, sebaiknya gunakan :

Foundation
Tips Pemakaian :
  • Gunakan hairband untuk memisahkan anak rambut di sekitar wajah.
  • Bersihkan wajah dengan cleanser, freshner dan oleskan pelembab.
  • Tuang sedikit alas bedak pada spons, ulaskan di wajah. Mulailah dengan kening, hidung, kedua pipi, dagu dan leher. Baurkan hingga perbatasan garis pertumbuhan rambut.
  • Untuk area sulit di sekitar mata dan sisi hidung, tepuk-tepuk spons dengan lembut.
Setelah membubuhkan foundation dan concealer, diamkan sebentar lebih kurang 1-2 menit agar meresap dan menyatu dengan tekstur kulit. Sesudahnya baru bubuhkan bedak, yang di konsentrasikan pada bagian wajah yang cenderung berminyak, yaitu daerah T (dahi, hidung dagu).

Agar tampak halus, bubuhkan bedak dan buang kelebihannya dengan menggunakan kuas bulu tebal. Bersihkanlah dengan gerakan memutar menuju arah bawah (arah dagu). Hal ini akal menghilangkan kelebihan/gumpalan bedak paada kulit, terutama pada sekitar garis rambut dan alis.

Bisa juga Anda membubuhkan bedak langsung menggunakan kuas, tapi ingatlah untuk tetap memberishkan wajah dan sisa kelebihan bedak sesudahnya. Gunakan bedak sebelum Anda mulai merias wajah, agar rias tersebut awet/tahan lama. Ingatlah bahwa rias wajah, termasuk bedak perlu waktu untuk di serap dan menyatu dengan kulit. Sesudah Anda menggunakan bedak, tunggulah 1-2 menit. Jika tampilan bedak tersebut terlalu mencolok/terlalu tebal, maka sapukanlahkuas bulu tebal pada permukaan wajah. lalu semprotkan sedikit facial spray maupun air mineral dan tepuk tepuk dengan lembut menggunakan tisu.

Tips:
Gunakan bedak di bawah mata sebelum mulai merias mata, agar partikelpartikel rias mata ( terutama eye shadow ) yang jatuh tertangkap oleh butiran bedak, hingga mudah di bersihkan dan riasan tidak rusak.

Pemilihan warna
Untuk kulit Asia, baik yang kuning atau sawo matang, umumnya bedak dengan nuansa warna kuning maupun kecoklatan lebih sesuai di banding dengan bedak warna pink maupun putih pucat. Jika Anda ragu, bisa menggunakan bedak warna transparan yang lazim disebut dengan bedak Tranlucent Powder. Karena bedak transparan ini warnanya hampir polos, maka sifatnya adaptif. Cocok unuk jenis warna kulit.

Jenis warna kulit yang tidak cocok menggunakan bedak transparan adalah warna kulit yang sangat gelap, maupun sebaliknya yang sangat pucat. Untuk kedua jenis warna kulit ini, pilih bedak yang warnanya mendekati (ataupun satu warna lebih muda) dari warna kulit yang sangat gelap maupun sangat pucat tersebut.

Tips: Ketika mencoba warna bedak di toko, cobalah bedak tersebut pada bagian tengah antara leher dan wajah. Jika tidak memungkinkan, cobalah di bagian dalam pergelangan tangan, karena warna dibagian tersebut paling dekat dengan warna kulit wajah. Dengan demikian , bisa diketahui mana yang cocok dengan Anda.
 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman