MAKAN ENAK TAPI TAKUT GEMUK? ADA STRATEGINYA!


Ingin makan enak tapi takut gemuk?
Mulailah ubah kebiasaan makan anda dan ikuti strategi berikut.

1.TRIK MAKAN MALAM

Kurangi porsi dan jenis makanan Anda pada malam hari,pilih makanan yang ringan tapi tetap bergizi seimbang,dengan kandungan karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Misalnya dua gelas susu non fat tanpa gula, dua lembar roti tawar isi sepotong daging tipis atau ikan, dan semangkuk sayuran,jangan lupa minum yang cukup. Usahakan makan malam dilakukan 2 jam sebelum tidur.

2.OLAH MAKANAN DENGAN CERMAT

Biasakan memasak daging dengan memanggang atau merebus,jangan lagi digoreng dengan minyak (terutama santan atau minyak goreng),buang lemak dan kulit ayam, atau pilih bagian dada saja yang mengandung sedikit lemak

3.BUAH SEGAR , BUKAN JUS

Lebih baik makan buah segar daripada jus,karena dengan makan buah , mulut anda akan mengunyah,konon mengunyah juga dapat menghilangkan stress. Pilih buah yang kandungan airnya tinggi,lebih baik lagi jika buahnya masih mengkal atau setengah matang.

4.PERBANYAK MAKANAN BERSERAT

Pilih makanan berserat seperti sayuran hijau,atau biji-bijian (gandum,jagung,beras tumbuk) dan kacang-kacangan (kedelai,kacang hijau). Serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan memperbesar volume tinja sehingga memperlancar buang air besar.

5.SEGELAS AIR PUTIH SEBELUM MAKAN

Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari. Tubuh manusia terdiri dari 60% air, karena itu cairan yang masuk ke tubuh tidak boleh kurang. Jika anda meminum segelas air putih sebelum makan, akan membuat perut anda cepat kenyang, sehingga membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

6.MAKAN SETIAP TIGA JAM

Usahakan untuk tidak membuat perut sangat kosong. Isilah perut setiap tiga jam, dengan begitu kestabilan gula darah bisa tercapai, dan rasa lapar bisa dikurangi. Jika kadar gula dibawah normal, akan terjadi gejala hypoglykemi ringan, yang ditandai dengan gejala sering mengantuk, sulit berkonsentrasi dan menangkap pembicaraan. Keadaan ini membangkitkan rasa lapar yang tinggi, dan akibatnya makan jadi berlebihan.

7.ATUR KALORI

Jangan membuat aturan-aturan sendiri yang belum tentu bisa anda wujudkan. Diet yang baik adalah yang seimbang dimana sebaiknya setiap makan (pagi,siang,atau malam) terdiri dari karbohidrat 55%, protein 20%, dan lemak 25%, makanlah kurang dari apa yang diperlukan tubuh, kurangi porsi misalnya sepertiga atau setengah dari yang biasa anda makan.

8.NGEMIL SEHAT

Terapkan beberapa hidangan pengganti yang tak kalah lezatnya, misalnya sebagai berikut : burger tempe sebagai pengganti big mac, biskuit havermut sebagai pengganti biskuit, kacang goreng, dan chips, soya drink sebagai pengganti milkshake coklat, dan kentang panggang sebagai pengganti kentang goreng.



Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman