Etika Makan



  1. Cuci tangan sebelum makan dan sesudah makan. Meskipun menggunakan peralatan makan, tangan harus tetap bersih.
  2. Makan dalam posisi duduk –tidak sambil jalan-jalan. Duduk dengan posisi tegak lurus, bukan membungkuk atau kaki selonjoran. Posisi lengan boleh ditumpu di atas meja, namun jangan biarkan siku ikut ‘duduk’ di meja makan.
  3. Berdoa sebelum dan sesudah makan.
  4. Tepat dan benar menggunakan peralatan makan. Sendok dan garpu digunakan sebagaimana fungsinya. Begitu juga bila memakai sumpit dan pisau. Gunakan serbet bila ingin membersihkan mulut. Serbet hanya diperlakukan untuk mengelap mulut, bukan hidung atau tangan. 
  5. Mulailah makan bila semua masakan sudah terhidang di meja makan. Orang yang lebih tua dipersilahkan terlebih dahulu untuk mengambil makanan.
  6. Makan dengan mulut tertutup dan tidak mengisi penuh mulutnya. Makan dengan perlahan, tidak perlu terburu-buru. Makan terburu-buru bisa membuat tersedak, selain terlihat tidak sopan karena seperti orang yang sangat kelaparan. 
  7. Mengunyah makanan tidak boleh sambil berbicara
  8. Dilarang makan sambil ngecap atau berbunyi. Kadang kala, tanpa sadar kita sering ngecap saat sedang makan. Kebiasaan ini datang sejak kita kecil. Karena tidak ada yang memperingatkan, maka kebiasaan ngecap akan terbawa hingga kita besar. Hal ini tentu saja sangat merisihkan kawan-kawan yang ikut makan bersama kita. Apalagi, kalau sedang makan bersama pasangan. Jangan sampai pasangan illfeel karena kebiasaan ngecap. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk makan dalam diam. Pastikan mulut selalu tertutup saat mengunyah. Kalau bisa, tutupi mulut dengan sebelah tangan sembari mengunyah. 
  9. Suap makanan dalam porsi kecil, jangan kayak orang kalap setahun gak makan.
  10. Jangan membuka mulut terlalu besar, toh makanan yang masuk juga segitu-gitu aja
  11. Ucapkan kata “terima kasih” setiap diberi atau diambilkan makanan oleh orang lain, kata “tolong” saat meminta diambilkan sesuatu, kata “maaf” bila tidak sengaja menjatuhkan atau menumpahkan makanan. 
  12. Hindari berkomentar negatif tentang makanan yang sudah dihidangkan, seperti, “Makanannya tidak enak. Aku tidak suka!” Lebih baik bila  bilang, “Apakah ada makanan yang lain? Aku tidak terlalu suka. “
  13. Ambil makanan sesuai dengan porsinya. Boleh tambah makanan jika merasa kurang dan bertanggung jawab terhadap makanan yang sudah diambil. Jika ingin mengambil makanan, hindari bila tangan harus melewati piring orang lain, apalagi sampai tubuh ada di atas piring orang tersebut. Mintalah tolong diambilkan oleh orang lain saja.
  14. Kumpulkan semua sisa makanan yang ada di piring, jangan tinggalkan meja berantakan
  15. Sendawalah jika berada di tempat sepi atau tutup mulut dan katakan “maaf” bila bersendawa.
  16. Makan dengan rapi. Hati-hati dan lakukan secara perlahan ketika mengambil atau mengaduk makanan. Jangan sampai makanan tercecer di atas meja.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman