Bekal Piknik Keluarga

Jika liburan hanya dilakukan dalam waktu yang singkat, maka piknik bisa jadi pilihan. Jangan lupa menyiapkan bekal makanan yang aman dan sehat. Selain lebih hemat, tentu lebih terjamin kebersihannya. Apa jenis makanan yang tepat dijadikan bekal piknik,  bagaimana menyimpan dan menyajikannya saat piknik? Berikut beberapa tips menyiapkan bekal piknik
  • Roti isi (sandwich) merupakan salah satu makanan favorit piknik. Selain sederhana dan mudah membuatnya, sandwich juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Siapkan roti pada malam sebelum berangkat dan simpan dalam container yang tertutup rapat. Namun, sayuran di dalam sandwich tak jarang membasahi roti sehingga ketika sandwich-nya dimakan setelah beberapa lama, rasanya menjadi kurang enak. Sebagai alternatif, coba kreasikan banyak makanan lain selain roti isi. Salad roti, misalnya, bisa jadi pilihan yang sempurna untuk piknik. Campur semua potongan roti panggang, daging, keju, sayuran, atau tuna. Dengan bahan makanan yang sama, Anda bisa menciptakan kreasi menu sehat yang tak kalah nikmat dan praktis. Salad makroni atau salad kentang juga bisa menjadi pilihan tepat. Salad makroni atau salad kentang sangat baik disajikan dingin. Simpan masing-masing bahan salad didalam mangkuk atau wadah sekali saji supaya lebih ringkas. Ini juga akan mencegah mayones mencair dan rusak ketika harus disajikan di suhu ruangan. Buah juga menjadi alternatif. 
  • Hindari makanan berkuah. Jika pun menginginkan membawa makanan berkuah, pastikan menggunakan wadah penyimpanan yang aman dan praktis.  
  • Buat menu yang ramah lingkungan agar tak mengotori lingkungan tempat piknik. Misalnya, agar lebih simpel sebaiknya tak perlu membawa ayam goreng. Bawa daging ayam olahan atau nugget. Bisa membuatnya sendiri ataupun membelinya dalam bentuk beku. Dengan membawa nugget, tak perlu untuk berpikir membuang tulang-tulang ayamnya.
  • Pilih bekal makanan yang tidak terlalu pedas atau asam agar semua anggota keluarga atau rekan bisa mencicipinya
  • Bawa selalu tisu basah atau cairan anti kuman untuk digunakan sebelum makan, sebagai antisipasi tidak ada tempat cuci tangan.
  • Cuci dan dinginkan buah-buahan yang akan dibawa pergi piknik. Pilih buah yang berkulit tipis dan mudah dimakan oleh semua anggota keluarga.
  • Taruh makanan dingin di dalam cooler yang sudah diisi es atau gel beku (frozen gel packs). Makanan dingin harus disimpan pada suhu 8 derajat celcius atau kurang untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Bahan-bahan seperti daging atau seafood sebaiknya dikemas atau dibungkus dan sekaligus dibekukan, sehingga kesegarannya bisa bertahan lama. 
  • Pisahkan jenis makan ke dalam cooler yang berbeda. Misalnya, botol atau kaleng minuman disimpan dalam cooler yang terpisah dengan bahan makanan yang mudah rusak. Jangan lupa, hindari meninggalkan cooler selalu dalam keadaan terbuka, supaya makanan yang berada didalamnya tetap dingin dan segar.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman