6 Cara Agar Tetap Termotivasi



Memasuki tahun baru ini, kamu pasti punya banyak resolusi. Saking banyaknya kamu bingung harus mulai darimana. Tetapi, ketika tekadmu sudah bulat untuk menggapai semua resolusi tahun barumu, tak dapat dihindari terkadang rasa malas datang disaat yang tidak disangka. Alhasil, semua rencana yang kamu susun dengan sempurna hanya bertumpuk tidak berguna.

Mau tidak mau kamu harus mengerjakan semua rencanamu itu sampai rasa malasmu hilang. Tapi masalahnya sampai kapan rasa malas itu hilang, jika tidak ada niat untuk menghilangkannya? Daripada cuma termenung dan menunggu datangnya keajaiban, kamu bisa ikuti enam cara ini agar tetap termotivasi.

PAKSA TUBUHMU UNTUK SELALU AKTIF BERGERAK AGAR KAMU TERHINDAR DARI RASA MALAS YANG BERKEPANJANGAN

Saat merasa malas, kita cenderung membiarkan diri untuk diam di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama. Dalam Bahasa gaul, keadaan seperti ini bisaanya disebut dengan “mager” alias malas gerak. Hal ini bisaanya terjadi pada seseorang yang kurang motivasi. Saran untuk kamu agar selalu termotivasi dan terhindar dari rasa malas ialah memaksakan tubuhmu agar selalu aktif bergerak.

Tubuh yang aktif akan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar memunculkan energi untuk melakukan tindakan. Banyak olahraga yang bisa meningkatkan peredaran darah di dalam tubuhmu seperti berenang, aerobik, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan di komplek rumahmu. Biasakan untuk berolahraga di pagi hari, agar dirimu terhindar dari rasa malas dan tetap semangat dalam mengawali hari.

MEMBIARKAN DIRIMU FOKUS PADA SUATU HAL AKAN MEMBANTUMU LEBIH TERMOTIVASI MENJALANKAN SEGALA RENCANA-RENCANAMU

Banyaknya rencana yang ingin kamu selesaikan seorang diri terkadang membuat dirimu suntuk hingga pada akhirnya kamu berujung tidak mengerjakan satupun rencanamu itu. Mempunyai banyak rencana memang bagus, tapi tidak baik jika kamu tidak bisa fokus. Rencanamu yang terlalu banyak akan membuatmu stres pada akhirnya.

Maka dari itu, buatlah rencana sesuai prioritas agar kamu bisa fokus mengerjakannya. Dahulukan rencana yang tingkat urgensinya penting, lalu fokuslah untuk menyelesaikannya sampai selesai. Setelah kamu berhasil mengerjakan satu rencana, kamu akan termotivasi untuk menyelesaikan rencana yang lainnya.

BERI PENGHARGAAN PADA DIRI SENDIRI AGAR KAMU BISA TERUS TERMOTIVASI TANPA HENTI

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti yang terdiri dari David Pierce, Judy Cameron, Katherine M. Bank, dan Sylvia So dari Universitas Alberta menemukan hubungan bahwa penghargaan berdampak pada peningkatan performa pada seseorang. Maka dari itu, agar dirimu termotivasi untuk melakukan segala rencana sampai selesai tak ada salahnya memberi penghargaan untuk diri sendiri.

Misalnya, ketika kamu berhasil mengerjakan sampai beres satu rencana besar, kamu bisa memberi hadiah pada diri sendiri berupa liburan ke hotel mewah atau makan enak di restoran mahal. Penghargaan semacam ini juga biasanya diberlakukan oleh sejumlah perusahaan untuk meningkatkan produktivitas para karyawannya agar lebih semangat bekerja.


PECAHKAN RENCANA BESARMU MENJADI POIN-POIN KECIL SEDERHANA AGAR KAMU MUDAH MENGERJAKANNYA

Daripada membuat sebuah rencana yang besar yang belum tentu kamu bisa mengerjakannya sekaligus, lebih baik membuatnya menjadi  poin-poin kecil sederhana sehingga kamu bisa lebih mudah mengerjakannya. Pemecahan poin-poin kecil ini membantumu untuk bersemangat menyelesaikannya. Contohnya, jika kamu berencana membuka sebuah toko pakaian anak-anak.

Sebelum kamu membuka toko pakaian anak-anak, kamu harus belajar tentang marketing, survei pasar, belajar tentang tren fashion, dan sebagainya. Langkah-langkah kecil yang kamu jalani di awal akan membuatmu lebih termotivasi untuk menyelesaikannya daripada langsung sekaligus menjalani langkah yang besar.

BERISTIRAHAT MERUPAKAN BAGIAN PENTING AGAR KAMU BISA TERUS TERMOTIVASI

Beristirahat ketika kamu mulai merasa frustasi saat mengerjakan sesuatu merupakan hal penting agar bisa terus termotivasi. Istirahat dapat membuat energimu tetap terjaga dan tidak mudah lelah. Terkadang, kamu harus mengalihkan perhatian sejenak untuk melakukan kegiatan lain diluar rencana yang sedang kamu kerjakan. Misalnya, melakukan hobi atau sekedar membaca buku novel kesukaanmu. Setelah selesai beristirahat, otak dan hatimu akan terasa lebih segar dan lebih senang. Beristirahat sejenak merupakan cara terbaik untuk mendapatkan motivasi yang kamu butuhkan.

MENCARI PARTNER YANG BISA DIPERCAYA BISA MEMBANTUMU MEMBANGKITKAN MOTIVASI

Motivasi dari dalam diri sendiri merupakan cara yang terbaik, tetapi terkadang kamu juga butuh dukungan dari luar untuk membuat dirimu tetap termotivasi. Tak ada salahnya jika mencari partner yang bisa dipercaya untuk membantu kita tetap termotivasi dan tidak mudah malas.

Teman yang bisa dipercaya biasanya bisa mengingatkanmu ketika kamu berada di titik jenuh. Selain itu, pribadinya yang berbeda dan berwibawa terkadang bisa menginspirasimu untuk mengatasi kekuranganmu. Partner pun bisa menjadi lawan saing yang sehat agar kita terus termotivasi mengerjakan segala rencana yang kamu buat sampai selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman