Kunci Rasa Nyaman Dalam Menempuh Perjalanan

Bila kita suka melancong dan setiap tahun pergi ke suatu tempat yang jauh kita pasti sudah belajar banyak hal. Misalnya tentang memesan tiket murah di saat yang tepat, menghemat anggaran perjalanan dengan semestinya, membuat persiapan dan lain-lain. Apa yang perlu kita perhatikan saat melakukan perjalanan jauh?

1. Perjalanan jauh dapat mengakrabkan hubungan
Perjalanan bisa membuat anak memahami orangtua, begitu pula sebaliknya dan pulang dengan lebih bahagia.

2. Perjalanan dapat menyebabkan pertengkaran
Dalam keadaan lelah, berjam-jam berada bersama-sama di mobil yang ruang geraknya terbatas, orang mudah stres. Apalagi jika ada anak kecil yang rewel dan menangis tidak berhenti. Untuk itu, lakukan persiapan yang seksama, seperti hiburan dalam mobil berupa film, buku, mainan, makanan. Berhenti beberapa kali, sehingga ada kesempatan untuk menghilangkan kejenuhan, ke kamar kecil serta merentangkan tangan dan kaki yang kaku akibat tidak leluasa menggerakkan badan.

3. Mengemudi dalam jarak jauh sangat melelahkan dan mudah membuat mengantuk
Bila dapat bergantian, itu sangat membantu. Tetapi bila hanya seorang yang terampil mengemudi maka harus mempersiapkan diri dengan tidur cukup sebelumnya, membawa minuman energi dan makanan kecil untuk mencegah kantuk.

4. Menyusun anggaran secara rinci
Berapa yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat, kereta api atau bensin jika mengemudi sendiri. Berapa pengeluaran untuk makan selama ditempat yang dituju. Dan pengeluaran lain-lain.

5. Mencegah penyakit akibat kelelahan dan makan tidur tidak teratur karena berada dalam perjalanan terutama pada anak-anak

Berikan cukup vitamin dan makanan yang bergizi. Atau suplemen untuk menambah kekebalan tubuh.

6. Bawa smartphone dan charger
Smartphone dapat dipakai sebagai kamera, GPS, kalkulator dan kalender, sehingga kita tidak memerlukan atau membawa banyak piranti. Jangan lupa membawa charger untuk smartphone, sebab jika smartphone mati tentu tidak ada gunanya.

7. Mengisi bensin
Jangan menunggu bensin habis untuk mengisi tangki, karena kita tidak tahu kapan kita akan menemukan pom bensin.

8. Bawa kotak P3K
Kotak P3K dapat kita isi dengan obat-obatan, plester, obat gosok dan lain sebagainya. Sediakan pula kantong plastik untuk persiapaan bagi yang muntah karena mabuk kendaraan.

9. Rekreasi sambil belajar
Luangkan waktu untuk melihat tempat bersejarah seperti candi Borobudur atau museum. Ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk menambah pengetahuan.

10. Persiapan untuk kendaraan selama perjalanan
Sediakan piranti yang diperlukan seperti dongkrak, lampu besar senter, kunci-kunci mobil dan lain sebagainya. Dan kemampuan melakukan hal-hal kecil jika membawa kendaraan sendiri, seperti mengganti ban mobil, mengisi ulang aki, mengganti tali kipas dan lain-lain.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman