Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

1. Katun
Benang katun memiliki tekstur yang padat, tingkat kehalusannya rata-rata. Benang jenis ini paling umum digunakan untuk berbagai macam jenis rajutan seperti bros rajut, sarung bantal, taplak, tempat tissue, topi, amigurumi/boneka rajut dan lain-lain. Menggunakan hakpen 3/4 dan jarum knitting 3 mm.

2. Soft ICT Katun
Benang soft ICT katun memiliki tekstur yang lebih halus daripada katun yang biasa. Cocok untuk rajutan yang lebih wearable seperti selimut, baju-baju bayi, cardigan, baju, rompi dan lain-lain. Menggunakan hakpen 4/0 dan jarum knitting 3 mm.

3. Katun Big PLY
Katun Big PLY memiliki tekstur padat, diameternya lebih besar 2 kali daripada katun yang biasa. Cocok untuk crochet tas santai, slippers/sepatu rajut, baby boots, topi, alas tempat duduk, amigurumi/boeka rajut dan lain-lain.

4. Polyester/Polyester Sembur/Polyester Twis
Polyester merupakan benang sintetis, teksturnya padat dan kaku. Warna lebih kilap daripada katun yang biasa. Cocok untuk membuat tas dan dompet, topi pantai, tatakan gelas, bros rajut (kaku). Menggunakan hakpen 3/4 dan jarum knitting 3 mm.
Polyester Sembur: sama dengan polyester polos. Benang sintetis, teksturnya padat dan kaku. Warna lebih kilap daripada katun yang biasa. Cocok untuk membuat tas dan dompet, topi pantai, tatakan gelas, bros rajut (kaku). Diameter benang agak lebih besar daripada polyester polos. Menggunakan hakpen 4/5.
Polyester Twist merupakan twist dari 3 ply dari benang polyester polos. Menggunakan hakpen 5/6 Tulip Gold. Cocok untuk membuat tas, dompet, tatakan gelas/piring/toples dan lain-lain.

5. Nilon
Nilon testurnya padat, agak licin, teksturnya kaku dan warnanya kilap. Cocok untuk rajutan tas dan dompet. Menggunakan hakpen 4/5 dan jarum knitting 3,5 mm.

6. Rayon Viscose
Rayon merupakan benang semi sintetis. Teksturnya halus, adem, warna kilap, agak licin dan jatuh/tidak kaku. Tidak pecah bila dirajut dan ringan digunakan. Material dibuat tanpa campuran katun, sehingga lebih halus digunakan. Cocok untuk syal, pashmina, jilbab rajut, renda jilbab rajutan, baju-baju, cardigan, rompi, baby set dan lain-lain.

7. Mabel
Mabel memiliki tekstur yang lebih halus daripada katun yang biasa dan warnanya kilap. Cocok untuk rompi, taplak, sarung bantal, tempat tissue dan lain-lain (lebih halus dan lebih kilap warnanya dibandingkan dengan katun yang basa). Menggunakan hakpen 3/4 dan knitting  3 mm.

8. Big Mabel
Big mabel memiliki tekstur yang sama dengan mabel. Teksturnya halus, warnanya kilap dibandingkan katun. Hanya ukurannya 2 kali lebih besar dari ukuran mabel. Pas untuk project yang membutuhkan ketebalan lebih dibandingkan benang katun, hasil jadi tebal dan tidakjatuh (nglemprek). Cocok untuk tas santai, slippers, tutup galon, alas tempat duduk, sarung bantal besar, amigurumi/boneka rajut dan lain-lain. Menggunakan hakpen 5/0 tulip gold dan knitting 3,5 - 4 mm.

9. Bulky/Slub Bulky
Bulky memiliki tekstur halus, berbulu, tebal. Material dari serat kapas.
Sulb Bulky memiliki material yang sama dengan bulky (serat kapas) hanya memiliki ply tidak rata besar kecil bergantian cocok untuk syal, topi hangat, yubiami atau rajutan-rajutan menggunakan loom. Cocok untuk knitting, bila akan di crochet lebih baik pilih bulky dengan diameter yang tidak terlalu besar. Umumnya untuk syal hangat, topi hangat, sweater dan lain-lain. Menggunakan hakpe 5/0 - 10/0 Tulip gold dan knitting 5 - 10 mm.

10. Marvelous Curly Yarn
Memiliki tekstur keriting, halus, lembut, berbulu. Cocok untuk syal hangat, topi hangat, sweater dan lain-lain. Menggunakan hakpen 7/0 - 8/0 tulip gold dan knitting 6 - 7 mm

11. Curly Yarn 
Memiliki tekstur keriting, halus, lembut, berbulu tipis. Diameternya jauh lebih kecil daripada marvelous curly yarn. Cocok untuk rompi, syal, topi. Menggunakan hakpen 6/0 tulip gold dan knitting 4-5 mm.

12 Mohair
Teksturnya sangat berbulu, halus. Sering juga disebut benang bulu. Cocok untuk syal bulu dan lain-lain. Menggunakan hakpen 7/8 - 8/0 tulip gold. Knitting 5 mm - 7 mm

13. Acrylic Linen Yarn
Benang arcylic linen teksturnya halus, tidak berbulu, bentuknya pipih seperti benang pita, seringkali disebut benang pita. Cocok untuk syal, slipper dan rajutan-rajutan wearable. Cocok juga untuk rajutan tehnik salomon dan menggunakan loom. Hakpen 5/6 dan knitting 4 mm

14. Smooth Acrylic
Tekstur halus dan berserat, berbulu tipis. Hangat dipakai dan tidak gatal dikulit. Tekstur mirip seperti wool benang impor. Cocok untuk rajutan selimut hangat, bed cover, rajutan wearable yang hangat seperti syal, topi hangat, sweater dan lain-lain. Menggunakan hakpen 5/0 dan knitting 4 mm.

15. Acrytlic Lokal/Siet
Tekturnya halus, tipis, berbulu tipis. Bila digunakan agak panas dan gatal di kulit. Cocok untuk rajutan syal hangat, topi hangat, sarung bantal dan lain-lain. Menggunakan hakpen 3/4 dan knitting 3 mm

16. Lace Yarn
Tekstur padat, ringan dan tipis. Cocok untuk renda, taplak dan lain-lain. Menggunakan hakpen 2/0 dan knitting 2 mm.

17. Kalavin
Kalavin teksturnya halus, berbulu lembut dan agak keriting. Cocok untuk syal dan rompi. Cocok juga untuk dikombinasikan dengan benang lainnya. Hakpen 8/0 - 10/0 tulip gold (lebih cocok bila hasil rajutan agak renggang, tekstur benang lebih terlihat). Knitting 7 - 10 mm.

18. Corduroy
Corduroy bentuknya pipih, berbulu seperti beludru, halus. Lebih cocok untuk knitting. Umumnya digunakan untuk syal rajut. Knitting 7 - 8 mm.

19. Furr Yarn
Bahan halus. Tekstur berbulu bentuk rambut panjang. Knitting 7 - 8 mm. Cocok untuk syal bulu/topi bulu.jaket bulu.

20. Kur Rajut
Teksturnya halus, licin, tidak berbulu. Terbuat dari material tali kur yang memiliki ukuran lebih kecil daripada kur yang biasa untuk kerajinan macrame. Cocok untuk tas, dompet, tatakan gelas, piring dan lain-lain. Cantik juga untuk kerajinan macrame. 100 gram/gulung. hakpen 7/0 - 7,5/0 tulip gold. Knitting 4 - 4,5 mm.


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Circuit Training, Program Latihan Kebugaran Jasmani