PCOS : Apa Saja Gejala Sindrom Ovarium Polikistik Dan Bagaimana Perawatannya?

Apa itu PCOS?

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau Sindrom Ovarium Polikistik adalah masalah hormon yang berhubungan dengan kista kecil yang tumbuh di ovarium seorang wanita, yang kemudian menyebabkan ketidak seimbangan hormon. Ketidak seimbangan ini menyebabkan masalah dengan keteraturan periode menstruasi dan pelepasan sel telur dan juga dapat menyebabkan masalah bagi perempuan ketika mencoba untuk hamil. Jika tidak diobati secara efektif, PCOS juga dapat membuka pintu untuk beberapa masalah kesehatan yang lebih serius seperti Diabetes dan Penyakit Jantung.

Apa Penyebab PCOS?

Sayangnya, masih ada kebingungan di dunia medis untuk penyebab PCOS. Hal ini secara luas dianggap memiliki hubungan genetik. Namun, ini belum terbukti secara ilmiah.

Kita juga tahu bahwa banyak wanita penderita PCOS yang ditemukan memiliki ketidakseimbangan hormon yang kemungkinan menjadi faktor penyebabnya. Secara khusus, wanita dengan PCOS diketahui telah menaikkan tingkat 'hormon pria' seperti testosteron, prolactin dan LH dan sering kekurangan SHBG yang juga meningkatkan efek testosteron

Apa Gejala Utamanya?

Gejala yang berhubungan dengan PCOS akan bervariasi dari wanita satu ke wanita yang lain dan beberapa orang juga akan menderita gejala lebih parah daripada yang lain. Gejala yang paling umum dialami oleh wanita yang menderita PCOS meliputi :
  • Kesulitan hamil karena kurangnya ovulasi
  • Berat badan bertambah
  • Jerawat
  • Periode menstruasi tidak teratur
  • Rambut rontok dari kepala
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan di seluruh tubuh
Selain gejala yang paling umum tersebut, wanita yang menderita PCOS juga dapat menemukan diri mereka rentan terhadap beberapa masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari seperti diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, penyakit jantung, depresi dan apnea tidur.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mungkin Memiliki PCOS?

Jika Anda menderita salah satu gejala yang berhubungan dengan PCOS, pertama Anda disarankan untuk menemui dokter yang mampu melaksanakan pemeriksaan yang diperlukan dan mengesampingkan kondisi lain. Dalam beberapa kasus, mereka juga mungkin melakukan scan ultrasound dan/atau tes darah sebagai bagian dari proses eksplorasi. Setelah diagnosis, Anda mungkin dirujuk ke spesialis PCOS yang akan dapat membantu menyarankan Anda tentang cara terbaik untuk mengatasi gejala.

Seberapa Umum PCOS Terjadi?

Ini dianggap sangat umum dan mempengaruhi jutaan wanita di Inggris. Kira-kira 30% dari wanita akan menunjukkan karekteristik sindrom PCOS dalam hidup mereka. Wanita yang usia subur (awal 20-an hingga pertengahan 30-an) yang paling sering terkena PCOS namun dapat berkembang pada usia berapa pun.

Bagaimana Perawatannya?

Sayangnya, tidak ada obat untuk PCOS. Namun, ada sejumlah cara di mana pasien dapat mengelola gejala mereka secara efektif.

Dalam beberapa kasus program penurunan berat badan mungkin disarankan untuk membantu mengurangi efek PCOS. Penelitian telah menunjukkan bahwa pada wanita kelebihan berat badan, penurunan hanya 5% dari massa tubuh mereka dapat memiliki dampak positif pada PCOS.

Bagi mereka yang mengalami periode menstruasi tidak teratur sering dianjurkan untuk menggunakan pil kontrasepsi yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

Jika Anda mencoba untuk hamil dan menderita PCOS maka dianjurkan Anda mengunjungi seorang spesialis kesuburan yang akan dapat memeriksa apakah ada masalah lebih lanjut, seperti tuba falopi, sebelum memberi nasehat tentang pengobatan terbaik untuk penyebabnya. Clomifene sering diresepkan dan digunakan untuk mendorong pelepasan reguler telur dari ovarium. Jika obat ini ditemukan tidak berhasil biasanya ada sejumlah pilihan lain yang dapat dipertimbangkan.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Circuit Training, Program Latihan Kebugaran Jasmani

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya