Bila Bayi Atau Anak Terkena Flu

Apa yang dapat dilakukan orangtua ketika bayi dan anak mereka terkena flu? Itu tergantung dari usia anak.
Walaupun kebanyakan flu pada anak bukan komplikasi yang serius, itu dapat menyebabkan kekhawatiran besar dan alasan utama untuk mengunjungi dokter.
Berikut beberapa tips mengobati flu pada anak

Menghilangkan Gejala Pilek

Tidak ada obat yang umum untuk flu, infeksi virus tidak dapat diobati dengan antibiotik. Pasien akan berangsur membaik dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu tanpa perlu obat-obatan. Untuk anak-anak, beberapa obat dapat membantu meringankan gejala tapi tidak akan mengubah perjalanan alami flu atau membuatnya pergi lebih cepat.
Batuk adalah gejala normal dari flu dan tidak semuanya buruk. Batuk membantu tubuh membersihkan lendir dari saluran napas dan melindungi paru-paru.
Perawatan non obat untuk batuk termasuk minum banyak air, terutama minuman hangat untuk membuat nyaman tenggorokan.

Kapan Harus Menghubungi Dokter

Tidak setiap pilek atau batuk harus ke dokter. Jika ragu, orangtua menghubungi dokter, hubungi dokter anak pada tanda pertama penyakit bila bayi yang sakit berumur 3 bulan atau lebih muda.
Untuk semua anak, hubungi dokter jika melihat gejala ini
  • Demam pada bayi berusia 2 bulan atau lebih muda
  • Demam mencapai 102 F (38.9 C) atau lebih tinggi pada usia berapa pun
  • Tanda-tanda sesak napas, termasuk lubang hidung melebar setiap napas, mengi, napas cepat, tulang rusuk nampak setiap napas
  • Bibir biru
  • Tidak makan atau minum dengan tanda-tanda dehidrasi
  • Sakit telinga
  • Mudah tersinggung berlebihan atau kantuk
  • Jika batuk berlangsung lebih dari tiga minggu
  • Jika anak makin parah
Gejala-gejala tersebut dapat menjadi sinyal bahwa anak memiliki sesuatu yang lebih serius daripada flu.
Pada bayi kecil, demam merupakan perhatian utama dan perlu nasihat medis. Jika khawatir tentang gejala anak, pada usia berapa pun, hubungi dokter anak untuk meminta saran.

Demam

Demam membantu tubuh melawan infeksi dan tidak selalu perlu di obati. Tetapi jika anak tidak nyaman karena demam atau gejala lain dari flu, ada alternatif untuk mengobati batuk dan flu untuk membantu mereka merasa lebih nyaman. Termasuk tindakan berikut
  • Menggunakan cool-mist vaporizer atau humidifier di area dekat tempat tidur anak dapat membantu melembabkan udara dan mengurangi pengeringan saluran hidung dan tenggorokan
  • Untuk bayi dengan hidung tersumbat, gunakan larutan saline untuk melembabkan saluran hidung dan melonggarkan lendir. Kemudian tengkurapkan bayi atau pada posisi yang nyaman. 
  • Acetaminophen atau ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi demam, sakit dan nyeri. Hati-hati, gunakan dosis yang benar. Gunakan obat yang mengandung acetaminophen yang direkomedasikan untuk mengobati pilek, demam dan sakit kepala pada anak-anak. Hal tersebut untuk penggunaan yang lebih aman dengan meminimalkan potensi acetaminophen overdosis disebabkan oleh kesalahan pengobatan atau konsumsi yang disengaja
Memberikan Dosis Yang Tepat

Orangtua dapat membuat kesalahan dengan obat cair. Bingung perbedaan antara satu sendok teh dan sendok makan. Jika obat dilengkapi dengan instrumen dosis, seperti cangkir atau yang lainnya, yang ditandai dengan pengukuran yang tepat, gunakan itu dan bukan sendok rumah tangga untuk mengukur obat.
Jika memiliki pertanyaan atau membutuhkan saran, mintalah pada apoteker. Apoteker dapat memberitahu instrumen dosis untuk digunakan, berapa banyak dan berapa kali obat diberikan. 

Pengasuh mungkin tergoda untuk memberikan anak-anak penghilang rasa sakit, dekongestan dan obat lain untuk flu. Namun seringkali yang terbaik untuk memerangi penyakit ini dengan istirahat dan perawatan 

sumber: fda.gov

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman