Chen-Ning Yang Penerima Hadiah Nobel Bidang Fisika

Chen-Ning Franklin Yang (lahir 1 Oktober 1922), juga dikenal sebagai Yang Zhenning, adalah seorang ahli fisika Amerika kelahiran China yang bekerja pada bidang mekanika statistik dan fisika partikel. Dia dan Tsung-dao Lee menerima hadiah Nobel 1957 dalam fisika untuk pekerjaan mereka di bidang paritas nonconservation interaksi lemah, dibuktikan secara eksperimental bahwa salah satu hukum kuantum mekanika dasar, yang disebut konservasi paritas, melanggar yang disebut reaksi nuklir lemah, proses-proses nuklir yang menghasilkan emisi beta atau alpha partikel dari reaksi radioaktivitas nuklir. Yang menjadi warga negara Amerika naturalisasi pada tahun 1964.
Yang lahir di Hefei, Anhui, Cina; ayahnya, Yang Wu-Chih (楊武 之) (1896-1973), adalah seorang matematikawan, dan ibunya, Luo Meng-hua (羅孟華), adalah seorang ibu rumah tangga. Yang masuk sekolah dasar dan sekolah menengah di Beijing, dan pada musim gugur 1937 keluarganya pindah ke Hefei setelah Jepang menginvasi China. Pada tahun 1938 mereka pindah ke Kunming, Yunnan, di mana National Southwestern Associated University berada. Pada tahun yang sama, sebagai mahasiswa tahun kedua, Yang lulus ujian masuk dan belajar di National Southwestern Associated University . Ia menerima gelar sarjana pada tahun 1942, dengan tesis tentang penerapan teori grup untuk spektrum molekul, di bawah pengawasan Ta-Anda Wu. Dia terus belajar program pascasarjana di sana selama dua tahun di bawah pengawasan Wang Zhuxi, bekerja pada mekanika statistik. Pada tahun 1944 ia menerima gelar master dan selanjutnya diberikan dari ganti rugi Boxer, satu beasiswa yang diatur oleh pemerintah Amerika Serikat menggunakan sebagian uang yang mana China telah dipaksa untuk membayar setelah Pemberontakan Boxer. Dia ditunda selama satu tahun, selama waktu itu ia mengajar di sebuah sekolah menengah sebagai guru dan mempelajari teori medan.
Dari tahun 1946, Yang belajar di University of Chicago bersama Edward Teller (1908-2003), di mana ia menerima gelar doktor pada tahun 1948 dan tetap selama satu tahun sebagai asisten Enrico Fermi. Pada tahun 1949 ia pindah ke Institute for Advanced Study di mana ia mulai periode kolaborasi penuh hasil dengan Tsung-Dao Lee. Dari 1948-1949, ketika ia diundang untuk melakukan penelitian di Institute for Advanced Study, di Princeton, New Jersey. Dia menjadi anggota tetap lembaga pada tahun 1952 dan profesor penuh pada tahun 1955. Pada tahun 1965 ia dijuluki Profesor Albert Einstein bidang Fisika di Universitas Negeri New York di Stony Brook sebagai pujian baginya dan rekan kerja nya. Pada tahun 1966 ia pindah ke Universitas Negeri New York di Stony Brook dan menjadi Professor Albert Einstein bidang Fisika dan direktur pertama dari Institute for Theoretical Physics yang baru didirikan yang sekarang dikenal sebagai C. N. Yang Institute for Theoretical Physics.
Dia pensiun dari Stony Brook pada tahun 1999 sebagai Profesor Emeritus. Pada tahun 2010, Sebagai penghormatan atas kontribusi Yang kepada universitas, Stony Brook University memberi nama gedung asrama terbarunya CN Yang Hall.
Dia terpilih sebagai Fellow of the American Physical Society, the Chinese Academy of Sciences, the Academia Sinica, the Russian Academy of Sciences, the Royal Society, dan lain-lain, dan dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Princeton University (1958), Moscow State University (1992), Chinese University of Hong Kong (1997), dan lain-lain.
Yang mengunjungi daratan Cina pada tahun 1971 untuk pertama kalinya setelah hubungan China-AS mencair, dan kemudian melakukan upaya besar untuk membantu komunitas fisika Cina untuk membangun kembali suasana penelitian yang dihancurkan oleh gerakan politik radikal selama Revolusi Budaya. Setelah pensiun dari Stony Brook ia kembali sebagai direktur kehormatan Tsinghua University, Beijing, di mana ia adalah Huang Jibei - profesor Lu Kaiqun di Center for Advanced Study (CASTU). Ia juga duduk sebagai Dewan Juri untuk Penghargaan Shaw dan merupakan Distinguished Professor-at-Large di Chinese University of Hong Kong.
Yang menikahi Chih-li Tu (Cina: 杜致禮; pinyin: Du Zhìlǐ), seorang guru, pada tahun 1950 dan memiliki dua putra dan seorang putri dengannya: Franklin Jr, Gilbert dan Eulee. Ayah mertuanya adalah Jenderal Angkatan Darat Kuomintang Du Yuming yang diambil POW pada akhir perang saudara China. Istri Pertama Tu meninggal pada musim dingin 2003, Yang menikah Weng Fan (Cina: 翁 帆; pinyin: Weng FAN) pada bulan Desember 2004. 
Yang menjadi warga negara AS pada tahun 1964. Dia sekarang tinggal di Cina, dan ia diberi izin tinggal tetap di Cina pada tahun 2005
Pada pandangan keagamaan Yang, ia adalah seorang agnostik.

Penghargaan
  • Nobel Prize in Physics (1957)
  • Rumford Prize (1980)
  • National Medal of Science (1986)
  • Oskar Klein Memorial Lecture and Medal (1988)
  • Benjamin Franklin Medal for Distinguished Achievement in the Sciences of the American Philosophical Society (1993)
  • Bower Award (1994)
  • Albert Einstein Medal (1995)
  • Lars Onsager Prize (1999)
  • King Faisal International Prize (2001)

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman