Mengoleskan Lotion Dengan Benar Mencegah Berbagai Problem Kulit

Salah satu cara dasar merawat kulit adalah pemakaian lotion. Melembabkan kulit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, adalah beberapa manfaat dari lotion.
Pemakaiannya mudah, tinggal mengoleskan di kulit tubuh, khususnya area yang sering terpapar sinar matahari. Walau mudah dan praktis bukan berarti cara memakainya asal-asalan. Pemakaiannya harus mengikuti arah tumbuhnya rambut halus di kulit. Pengaplikasian lotion pada kulit dengan teknik yang salah, justru dapat memicu timbulnya berbagai masalah kulit. Yang pertama kulit tampak seperti bersisik. Walaupun sebetulnya tidak bersisik. Masalah lain adalah warna kulit menjadi belang. Lalu muncul pula titik-titik rambut alias rambut halus pada kulit berdiri dan terkesan berantakan. Cara ini tidak hanya berlaku pada kulit badan, tetapi juga kulit wajah, terutama untuk pengaplikasian di kulit sekitar alis.
Nah, untuk mendapatkan semua manfaat lotion tersebut, pastikan cara memakai sudah benar. Beikut panduan yang bisa dijadikan acuan
  • Siapkan lotion favorit yang sesuai dengan kebutuhan kulit
  • Tuangkan secukupnya ke telapak tangan
  • Mulailah mengusapkan dari pergelangan tangan ke seluruh bagian tubuh atas sampai mencapai tepat di bawah dagu.  Bagian yang dioles harus meliputi kedua tangan, siku dan lengan serta pundak, leher, dada, perut punggung dan pinggul. Hindari area wajah karena untuk wajah sebaiknya menggunakan face moisturizer sendiri
  • Lebih baik menerapkan lotion dengan gerakan melingkar menggunakan telapak tangan. Gunakan tekanan ringan sambil memijatkan lotion ke kulit agar lebih meresap.
  • Setelah tubuh bagian atas selesai, usapkan lotion pada bagian kaki. Mulailah dari bagian paha ke lutut, lalu pijat ke bawah ke arah jari-jari kaki. Pijat tumit dengan gerakan melingkar. untuk bagan bawah kaki, pijat dengan gerakan memutar. Terapkan tekanan ringan terutama pada bagian lembut kaki. Kemudian, usapkan lotion ke setiap jari kaki satu per satu.
  • Terakhir, gunakan lotion yang tersisa pada tangan untuk diterapkan sepenuhnya pada tangan. Pastikan memijatkan lotion ke punggung dan telapak tangan serta jarimu satu per satu.
Ketika mengoleskan, ada baiknya langsung diaplikasikan ke area yang diinginkan. Jangan mengusap-usapkannya di antara telapak tangan lalu membalurkannya ke area yang diinginkan. Hal ini sebenarnya malah akan mengurangi manfaat lotion, karena kandungan utamanya lebih dulu diserap telapak tangan.
Tujuan penggunaan lotion atau krim kulit adalah memberikan proteksi tambahan dari kulit. Yang paling urgent adalah area yang sering terekspos atau terpapar sinar matahari (tangan, kaki, leher).
Kulit kita 28 hari sekali itu ada regenerasi. Kulit-kulit mati ini akan terangkat dan terganti kulit baru yang lebih lembut. Tapi kalau kulitnya kering, akan menyulitkan regenerasi dan akhirnya warna kulit jadi tidak merata dan kusam. Untuk itu perlu pelembab untuk mempertahankan kadar cairan agar menjaga keseimbangan air di kulit.
Salah satu ciri kulit kering atau dehidrasi adalah ketika merasakan sesuatu di ujung saraf. Kalau sarafnya terasa gatal atau tidak enak ketika terkena angin, itu pertanda kulit sudah kering. Harus diwaspadai agar tidak sampai teriritasi dan memudahkan benda asing (bakteri atau kuman) masuk ke dalam kulit.
Untuk hasil terbaik, gunakan lotion setelah mandi. Bukan hanya pada pagi hari saja, sebaiknya gunakan juga pada malam hari, kulit yang sedang istirahat bisa menyerap nutrisi lebih baik. 
Lotion juga harus diterapkan pada bagian kutikula. Selamat merawat kulit...

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman