Membuat Jalan Setapak

Tentu bagi kita yang suka dengan taman selalu ingin agar tanaman yang kita tanam tidak rusak bukan? Solusi peletakan jalan setapak di tengah taman merupakan jalan terbaik untuk menghindari kejadian di atas. Apalagi bila kita menginginkan halaman rumput yang luas dan selalu tumbuh subur, dan memiliki banyak tempat yang mengharuskan akses jalan yang menjadi faktor penting di dalamnya.
Pada dasarnya jalan setapak berfungsi sebagai jalur sirkulasi yang memungkinkan seseorang untuk mencapai seluruh bagian taman tanpa harus menginjak rumput atau tanah. Sehingga keindahan taman tidak terganggu akibat terinjak-injak.
Adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat jalan setapak pada taman diantaranya, menentukan gaya yang Anda inginkan, Anda mungkin menginginkan jalan setapak solid yang kuat dan tidak bisa dipindah-pindahkan atau mungkin Anda hanya ingin menanam batu-batu injakan (stepping stone) yang tidak butuh bantuan semen sebagai penguat. Mungkin juga Anda ingin memasang deretan potongan besar batu alam dengan teksturnya yang alami, atau hanya ingin membuat jalan setapak yang terdiri atas batu-batu kecil. Pilih style jalan yang sesuai selera dan pastikan jumlah material yang Anda siapkan bisa mengcover keseluruhan space.
Buat layoutnya, putuskan dimana saja material seperti batu akan ditempatkan. Jika Anda menginginkan sentuhan rumput di sela-sela jalan berbatu, coba buat layout yang pas dengan menggunakan penanda pada tempat-tempat rumput akan ditanam. Anda bisa memakai penanda dari batu kecil atau buat garis yang Anda buat di tanah menggunakan sekop.
Bersihkan area yang ingin dijadikan jalan setapak, setelah selesai membuat layout yang dibutuhkan pada area yang akan dibuat jalan setapak, mulai bersihkan area tersebut dari rumput-rumput atau batu-batu kecil yang masih terdapat di area itu. Setelah bersih Anda bisa memulai melakukan proyek pembuatan jalan di taman Anda
Bermacam bentuk dan model jalan setapak sangat banyak sekali. Bentuk persegi, persegi panjang, oval, maupun natural dapat kita pilih sesuai dengan tema taman yang kita miliki. Jika kita memiliki taman yang minimalis sebaiknya kita pilih desain yang minimalis pula, seperti bentuk persegi maupun persegi panjang. Namun bila kita membuat jalan setapak dengan tema taman yang tropis dan alami sebaiknya kita pilih yang natural.
Bentuk, material, ukuran dan harga yang sangat terjangkau dapat kita dapatkan di toko atau tempat yang khusus menjual material jalan setapak. Tips ukuran untuk membuat jalan setapak berbentuk persegi dan persegi panjang adalah 40×40 cm, 50×50 cm, 60×60 cm, 40×60 cm, 50x70cm, 60×90 cm, 60×120 cm, dan seterusnya. Dan untuk jarak antar step satu dengan yang lain antara 9 – 12 cm, tapi sebaiknya sekitar 10 cm.
Bentuk yang lain seperti oval atau natural juga perlu diperhatikan untuk ukuran dan material dari jalan setapak. Sesuaikan material jalan setapak dengan elemen batu yang cocok dengan bangunan sekitar. Material jalan setapak seperti batu kebumen, batu palimanan, batu palimanan yogya, dan lainnya merupakan beberapa material yang dapat kita pilih. Dan satu tips lagi, usahakan jalan setapak yang Anda buat sejajar dengan permukaan tanah atau rumput halaman taman kita, agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna.
Berikut ini beberapa ide untuk membuat jalan setapak









Comments

Popular posts from this blog

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman