Manfaat Baik Dari GAME

Bermain video game dapat membuat kita lebih pintar atau kreatif, namun itu masih menjadi perdebatan.
Studi dilakukan oleh sekumpulan peneliti di Universitas Medis Charite St. Hedwig-Krankenhaus, Berlin, Jerman. Mereka mempelajari kemampuan otak meningkat dan bertumbuh saat bermain video game. Mereka menyebutkan bahwa bermain video game membutuhkan "kemampuan tertentu akan beberapa keahlian," ini menyebabkan otak menjadi lebih aktif.
Mungkin ini salah satu studi atau penelitian paling menyenangkan bagi para subjek, 23 orang dewasa yang masih muda bermain Super Mario 64 untuk 30 menit setiap hari selama 2 bulan. Kemudian peneliti akan mengukur otak mereka, dimana ditemukan ada perkembangan dalam 3 daerah terkait kemampuan ruang, strategis, ingatan bekerja dan kemampuan motorik.
Mereka kemudian membandingkan hasil tersebut dengan grup kontrol (kelompok lain yang berlawanan dengan tujuan studi) yang tidak bermain video game. Hasilnya ditemukan bahwa ada peningkatan dalam volume otak terkait kecerdasan. Melalui hasil ini, video game secara teori dapat membantu menyembuhkan kelainan otak.
Ini adalah berita baik bagi para gamer yang sebelumnya tidak memiliki fakta dan bukti nyata bahwa video game memiliki manfaat positif. Walaupun begitu apakah otak yang lebih besar berarti Anda lebih pintar masih dipertimbangkan, namun secara nyata bagian otak tertentu yang lebih besar pasti dapat bermanfaat.
Contoh nyata dapat dilihat pada otak Albert Einstein yang pada bagian matematisnya lebih besar daripada biasanya. Peningkatan dalam volume otak terkait kecerdasan memberikan ingatan yang lebih baik dan penurunan dalam volume otak sering dikaitkan dengan dementia dan kelainan bipolar (perubahan mood yang mendadak).

Selain peningkatan dalam volume otak terkait kecerdasan, ada manfaat lain seputar bermain video game tertentu.

Mengajarkan kerjasama tim
Dengan banyaknya kemunculan game multiplayer khususnya game online maka seseorang terkadang diharuskan untuk membentuk sebuah tim, grup atau kelompok untuk menyelesaikan misnya. Sebuah tim yang baik  harus mengalokasikan sumber daya seperti skill, item dan role masing-masing anggota dengan baik, sama halnya dalam dunia nyata.

Mengajarkan kegagalan
Video game memiliki perbedaan yang jelas antara siapa yang menang dan siapa yang kalah. Dengan menang maka seseorang diajarkan mengerti proses untuk mencapai kemenangan tersebut tidak mudah dan butuh waktu, sedangkan jika kalah maka seseorang harus belajar dari kekalahan tersebut (tanpa merengek atau menyalahkan seseorang). 

Ketika video game dimanfaatkan dengan benar, dan dimainkan bersama dengan orang tua dimana peran orang tua mengarahkan jenis game yang baik untuk dimainkan, video game menjadi alat yang sangat baik
Game dapat membantu dalam perkembangan anak dan meningkatkan banyak aspek kehidupan mereka. Ada beberapa game yang membawa manfaat bagi anak-anak.

Bookworm Adventures/casualplay/bookworm-adventures2
Game kosa kata lanjutan untuk anak-anak/Petualangan si Kutu Buku membuat pembelajaran kosa kata jauh lebih menyenangkan daripada kelas bahasa Inggris/petualangan besar yang cenderung diikuti dengan bahasa yang berat, yang membantu mendorong pengetahuan anak-anak.

Sudoku Adventures/casualplay/sudoku-adventure
Game meningkatkan keahlian anak dalam penyelesaikan masalah. Petualangan Sudoku adalah permainan yang mengubah salah satu hiburan favorit di dunia menjadi video game, memasukkannya ke dalam format yang menyenangkan. Versi permainan video game otak lainnya seperti catur juga tersedia, dan semua ini membantu meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah dan logika.

Game bisa memberikan orang tua dan anak-anak suatu hobi untuk berbagi bersama Yang paling penting, video game dapat membuat pengaruh yang besar bagi perkembangan anak jika orang tua membimbing mereka berdasarkan pengalaman. Hal ini secara langsung menciptakan hobi bersama di mana orang tua dan anak dapat tumbuh bersama, dan membantu mereka mempertahankan ikatan yang lebih dekat.

Game juga dapat melatih Anda menjadi manajer yang baik. Melalui game, kita diberikan wawasan tentang cara berpikir manusia dan melatih keahlian yang dibutuhkan untuk berkembang.

Empati: Ini ada di dalam game Berada di lingkungan yang penuh dengan tekanan sering kali membuat Anda dan anggota tim Anda menjadi stres. Jadi, bagaimana Anda, sebagai seorang pemimpin, dapat mengetahui gejalanya dan mengurangi gejala itu sebelum terlambat? Psikolog yang tinggal di Chicago, Dr. Kourosh Dini, sangat percaya bahwa keahlian berbasis game seperti [poker](/socialplay/matchmove-poker) mengajari empati pada kita. Dia berkata, “Salah satu hal besar mengenai banyak game adalah Anda berinteraksi dengan orang lain dengan cara tertentu sehingga Anda harus berpikir secara aktif tentang apa yang dilakukan atau dipikirkan orang lain dengan tujuan untuk bermain melawan mereka atau bermain bekerja sama dengan mereka. Jika tidak, Anda harus terlibat dalam usaha memikirkan bagaimana orang ini belajar dan apa yangakan dilakukan orang ini selanjutnya.

Memperbaiki Kemampuan Membuat Keputusan. Kebanyakan video game mengharuskan pemain untuk mengikuti peraturan, berpikir dengan cerdas menggunakan taktik, membuat keputusan yang cepat, dan mencapai sejumlah tujuan untuk menang. Profesor Arthur Kramer dari University of Illinois menemukan bahwa game seperti ini secara positif meningkatkan kemampuan kognitif khusus seperti memori jangka pendek pada orang dewasa. Ini membuat video game Strategi Waktu Nyata seperti “Starcraft II” amat bermanfaat bagi manajer, yang terus diberikan tujuan jangka pendek hingga menengah untuk mengalokasikan sumber daya secara efisien untuk mencapainya.

Cara Baru untuk Mengajar dan Memotivasi. Sering kali, manajer juga adalah guru dalam hal mereka harus mengajari bawahan mereka tentang proses yang dilakukan saat ini dan mendorong mereka untuk mendapatkan lebih dari yang mereka yakin bisa mereka dapatkan. “Saya rasa, proses belajar di balik permainan masih kurang dihargai,” kata psikolog Dr. Kourosh Dini. “Saat seseorang bermain, mereka tampaknya dapat belajar lebih baik … Ada rasa menguasai yang dapat terjadi yang kadang tidak dapat diperoleh anak-anak.” Game bisa menjadi jenis materi pembelajaran terbaik karena game membuat kemampuan Anda berada di puncak tertinggi. Pertama-tama, semuanya berawal perlahan dan mulai jadi lebih cepat dan lebih sulit seiring lebih tinggi level yang Anda pecahkan. Jadi, semakin jago Anda di beberapa game tertentu, game itu akan semakin seru

Meraih skor tertinggi: Melampaui Harapan. Game menenggelamkan kita dalam realitas alternatif, dan di dalam dunia ini, kita memulai petualangan luar biasa untuk mengubah dunia. Melakukan hal yang amat sulit ini membuat Anda berada dalam situasi yang tidak pernah dirasakan sebelumnya dan memaksa pikiran Anda untuk berpikir dengan cara yang sama sekali baru dan berbeda. Sebagai orang yang terus dituntut untuk memberikan hasil, manajer yang sukses adalah mereka yang terus melampaui harapan yang diberikan kepadanya. Dalam dunia elektronika saat ini, apa yang kita lakukan secara daring dapat dicerminkan ke dunia nyata. Cara manajer berusaha menyukseskan proyeknya sekarang dapat dilihat sebagai petualangan menuju kemenangan luar biasa tersebut

Seperti yang telah dimengerti, ada segudang manfaat yang hadir dengan bermain video game. Sepanjang mereka digunakan secara bertanggung jawab, video game memiliki kegunaan positif! 


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman