Memilih Mainan Untuk Anak

Pilihkan anak mainan yang tak hanya menghibur, tapi juga membantunya berimajinasi, memecahkan masalah dan membantu perkembangan motoriknya.
Berikut beberapa jenis mainan sesuai usia anak

0-12 bulan
Penglihatan bayi masih sebatas 28 cm, maka gambar dengan warna cerah dan kontras akan menarik perhatiannya. Senang mendengar suara-suara dan musik yang berirama pelan, misalnya bunyi musik dari kotak musik. Di usia 6-11 bulan, mainan yang cocok untuknya adalah mainan bertekstur dan berbunyi, permukaan mainan tidak rata dan yang penting non-toksik. Karena berada pada fase oral, ia akan memasukkan apa saja ke mulutnya untuk mengenali dunia sekitarnya
Jenis mainan:
- Boneka yang berbunyi
- Buku kain "Counting book"

1 tahun
Hobi barunya sekarang adalah melempar, memasukkan benda ke dalam kotak dan mengeluarkannya lagi, Ia mulai belajar menyusun balok, main dorong dan tarik benda, serta senang dengan mainan yang dapat bergerak dan berbunyi.
Jenis mainan:
- Menyusun balok

2 tahun
Lancar berlari, memanjat kursi, melangkah mundur tanpa ragu, melangkah ke samping dan melompat. Berjalan berjinjit, berdiri dengan satu kaki, dan kaki sudah mampu menendang bola. Ikut-ikutan menyanyi dan senang mencoret-coret. Balok hasil susunannya bertambah tinggi dan sudah bisa membolak balik halaman.
Jenis mainan:
- Bola
- Buku audio yang dapat mengeluarkan suara, Storybook Rhymes dari Fisher Prices Storybook.

3 tahun
Kemampuan motorik umumnya sudah lincah berlari, memanjat, melompat dan berputar-putar
Jenis permainan:
- Permainan lempar tangkap bola

4 tahun
Sudah bersifat strategis. Mainan-mainan yang bertema seperti dinosaurus, kitchen set, permainan bajak laut, boneka dengan aksesoris, semua permainan pura-pura yang membuat mereka dapat berimajinasi dan mengatur strategi. Misalnya imajinasi menata ruang, di mana meletakkan meja, kursi dan sebagainya.
Jenis permainan:
- Feltopia (Felt Story Book), papan dari kain felt sehingga ia dapat membuat cerita sendiri.

5 tahun
Gandrung dengan angka dan jumlah. Terampil berlari dan melompat dan mampu menjaga keseimbangan badannya. Mampu mengikat tali sepatu dan menggambar bentuk-bentuk sederhana. Senang ngobrol dengan orang dewasa dan dengan teman, serta mulai membentuk grup atas dasar minan yang sama.
Jenis mainan:
- Permainan papan seperti monopoli
- Jam mainan dari kayu untuk belajar mengenali waktu

Mainan sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak, namun pilihlah mainan yang aman bagi anak dengan mengingat beberapa hal berikut
- Memilih mainan dengan warna mencolok
- Mudah dicuci dengan mesin cuci
- Warna tidak luntur
- Berkualitas baik dan seluruh bagian aman
- Tidak ada kancing, kait, kawat atau komponen lain yang berbentuk partikel kecil dan mudah terlepas
- Pastikan ornamen mainan melekat dengan kuat dan tidak mudah copot

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman