Bila Batuk Pilek, Napas Berbunyi

Terjadinya 'bunyi' pada penyakit batuk dan pilek ada dua jenis. Pertama, suara ngorok yang disebabkan lendir berlebihan di tenggorokan dan hidung. Napas berbunyi seperti pilek pada bayi biasanya normal. Bila infeksi, bayi biasanya akan rewel dan disertai keluhan lain, seperti demam dan batuk. Untuk batuk, pilek dan napas berbunyi tapi tidak disertai panas, sangat kecil sekali kemungkinan itu adalah bronchitis, karena penyakit tersebut gejalanya adalah batuk pilek yang disertai panas. Bila bronchitis, tentu pengobatannya lain pula. Kedua, suara lendir yang berbunyi yang di sebut asma.
Untuk menelusuri apa yang diderita anak, perlu diketahui apakah dari keluarga ada yang menderita alergi. Terdapat 3 faktor penyebab terjadinya alergi makanan, yaitu faktor genetik, imaturitas usus, pajanan alergi yang kadang memerlukan faktor pencetus.
Alergi dapat diturunkan dari orangtua atau kakek dan nenek pada penderita. Bila ada salah satu orangtua yang menderita gejala alergi maka dapat menurunkan resiko pada anak sekitar 20-40%, kedua orangtua alergi resiko meningkat menjadi 40-80%. Sedangkan bila tidak ada riwaya alergi pada kedua orangtua maka resikonya adalah 5-15%, bisa saja terjadi bila nenek, kakek atau saudara dekat orangtua mengalami alergi. Tanda-tandanya antara lain, bersin-bersin pagi, kulit sering gatal bila makan makanan tertentu.
Manifestasi klinis yang sering dikaitkan dengan penderita alergi pada bayi,
  • Gangguan Saluran Cerna
  • Kulit Sensitif
  • Kuning
  • Mulut Hipersensitif
  • Sesak Saat Baru Lahir
  • Hidung Sensitif
  • Mata Sensitif
  • Keringat Berlebihan
  • Berat Badan Berlebihan atau Kurang
  • Kepala, Telapak Tangan atau Kaki sering teraba Sumer/Hangat
  • Gangguan Hormonal
  • Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikan Berat Badan
  • Problem Minum ASI
Gejala alergi pada bayi selain makanan justru paling sering seringkali diperberat saat sakit, atau terjadi oleh infeksi  berupa infeksi virus, bakteri atau infeksi lainnya. Paling sering di antaranya adalah infeksi virus. Pada bayi tanda dan gejala infeksi virus ringan ini lebih sulit dikenali. Biasanya hanya berupa badan sumer, teraba hangat hanya di kepala, telapak tangan dan badan, bila diukur suhu normal. Disertai bersin, batuk sekali-sekali dan pada anak bayi tertentu nafas bunyi grok-grokFlu pada bayi jarang sekali menimbulkan hidung meler, biasanya hanya basah sedikit di sekitar hidung atau batuk sekali-sekali, karena refleks batuk pada bayi masih belum sempurna.  Bahkan sebagian dokter menilai gejala infeksi virus tersebut dianggap sebagai gejala alergi. Pada keadaan sakit seperti itu biasanya ada kontak yang sakit flu, demam, batuk atau infeksi virus ringan lainnya di dalam rumah. Sayangnya orangtua juga sering tidak menyadari bahwa selama ini sering terkena infeksi virus yang gejalanya tidak khas tersebut. Gejala infeksi virus yang ringan yang dialami oleh penderita dewasa berupa badan ngilu, terasa pegal, nyeri tenggorokan atau kadang disertai  sakit kepala. Gejala ringan, tidak khas dan cepat membaik ini sering dianggap “gejala mau flu tidak jadi”, masuk angin, kurang tidur, panas dalam atau kecapekan.
Apabila ada, yang harus dihindari agar tidak sering terjangkit penyakit batuk pilek, yaitu menghindari penyakit virus dan bakteri. Hindari debu, baik dalam kamar atau di luar kamar dan hindari udara dingin yang lembab. Artinya, kebersihan rumah harus dijaga betul. Karpet adalah salah satu benda yang banyak menyimpan debu. Sebaiknya, jauhkan anak dari karpet dan benda-benda lain yang banyak menyimpan debu.
Apabila anak alergi, pengobatannya berbeda dengan penyakit virus atau bakteri. Disamping menghindari keadaan tersebut di atas dan menghindari juga faktor pencetusnya, misalnya makanan, susu, debu, tungau, kapuk, pemakaian obat nyamuk bakar dan lain-lain, sekarang ini sudah ada obat-obatan untuk penyakit alergi, silahkan hubungi dokter terdekat. Dengan demikian dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi anak.


Sumber:
Lisa No.23/IV tahun 2003
www.ayahbunda.co.id
allergyclinic.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya

Permainan Dam Daman