Memuat...

Selasa, 04 September 2012

Alat-Alat Dapur yang Umum Digunakan

Wanita identik dengan dapur, walaupun pada kenyataannya ada beberapa wanita yang anti masuk ke dapur dan sebaliknya ada juga kaum pria yang suka melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan dapur. Melengkapi dapur dengan alat-alat dapur yang fungsional merupakan sebuah keharusan bagi mereka yang suka memasak. Sehingga tidak heran bila mereka mendandani dapur mereka supaya nyaman dan bisa berlama-lama melakukan aktivitas di dapur. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui alat-alat dapur apa saja yang harus ada di dapur kita, baik itu yang digunakan untuk kegiatan masak memasak, penyajian masakan dan makanan serta perlengkapan makan dan minum.
Berikut adalah alat-alat yang sebaiknya ada

Cangkir
Cangkir adalah wadah kecil untuk minum teh dan kopi dengan pegangan di salah satu sisi yang digunakan sewaktu memegang dengan ibu jari dan jari tangan yang lain. Cangkir kadangkala berisi teh atau kopi yang panas sehingga pegangan pada cangkir berguna agar tangan tidak kepanasan sewaktu mengangkat cangkir. Cangkir biasanya dibuat dari porselen dan mempunya pasangan berupa piring kecil yng juga dikenal dengan nama tatakan (saucer). Cangkir dan tatakannya biasanya merupakan bagian dari perangkat minum teh (tea set) yang terdiri dari teko, cream jug, mangkuk gula bertutup dan slop bowl. Di Indonesia, cangkir masih sering digunakan sebagai satuan ukuran pada resep kue, 1 cangkir kira-kira sama dengan 150 cc dan tidak sama dengan 1 cup.

Garpu
Alat untuk makan. Memilik titik yang di sebut gigi. Sebagian besar garpu memiliki 3 atau 4 gigi. Beberapa garpu hanya punya 2 gigi. Gigi garpu itu membantu Anda mengambil makanan. Kebanyakan garpu terbuat dari logam. Lainnya dari plastik atau kayu

Gelas
Wadah air untuk minum.

Kompor
Alat masak yang menghasilkan panas tinggi, dimana bahan bakar dibakar untuk memberikan pemanasan (untuk memanaskan barang-barang yang diletakkan di atasnya). Bahan bakarnya dapat bermacam-macam, bisa Elpiji (Gas), Resistensi Listrik (dengan elemen pemanas), Kayu Bakar, Bahan Bakar minyak, Bahan Bakar padat seperti arang, briket batu bara dan sebagainya. Kompor ibarat jantung bagi dapur. Tanpa adanya kompor, tak banyak yang bisa kita lakukan di dapur.

Langseng
Sebuah alat memasak di dapur tradisional Indonesia, berbahan jenis logam. Untuk memasak berbagai keperluan. Pada umumnya dipergunakan untuk mengukus.

Mangkuk
Alat makan yang berbentuk cekung, dimana makanan diletakkan, terbuat dari porselen, batu, plastik, logam atau gelas. Lebih cocok untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak.

Oven/Microwave
Berfungsi untuk memanggang makanan dengan panas dari beberpa sisi (biasanya dari atas dan bawah). Terdiri dari beberpa jenis yaitu yang sumber energinya dari pemanas api biasa dan yang menggunakan gelombang mikro. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, makanan menjadi panas dan masak dalam waktu singkat.

Panci/Saucepan
Alat masak yang terbuat dari logam dan berbentuk silinder atau mengecil pada bagian bawahnya. Panci bisa memiliki gagang tunggal atau dua "telinga" pada kedua sisinya dan biasanya digunakan untuk memasak air, sayur berkuah, dll. Ukuran panci biasanya dinyatakan dengan volumenya (biasanya antara 1-8 liter)

Piring
Alat makan yang berbentuk datar dan sedikit cekung, di mana makanan diletakkan, terbuat dari porselen, batu, plastik, logam atau gelas. Kadang-kadang kayu juga digunakan.

Sendok
Alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagng di ujung lainnya.
Bermacam-macam jenis dan fungsinya, yaitu
  1. Sendok untuk menyantap makanan utama
  2. Sendok untuk menyendok jenis makanan penutup
  3. Sendok untuk jenis makanan pembuka
  4. Sendok untuk jenis makanan berkuah, dll
Di Indonesia sendok umumnya dipegang di tangan kanan untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk dan menyuapkannya ke mulut, sementara garpu yang dipegang di tangan kiri membantu memasukkan makanan ke sendok

Sumpit
Alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Bisa dibuat dari bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Pisau
Fungsi umum untuk memotong. Berdasarkan bentuk mata pisau (sisi bagian bawah), ada beberapa jenis pisau yaitu:
  1. Vegetable knife atau dikenal juga dengan pisau sayur. Pisau ini memiliki bentuk mata pisau yang rata.
  2. Salmon knife, pisau yang memiliki mata pisau yang bergerigi atau berulir dan biasanya digunakan untuk memotong daging
Ada dua belas jenis pisau dalam satu set pisau dapur. Setiap pisau memiliki fungsi masing-masing. Misalnya pisau untuk memotong roti, daging, steikdan lain sebagainya.

Penyaringan
Berfungsi untuk menyaring atau meniriskan bahan makanan. Beragam bentu dan namanya, yaitu
  1. Chinois, saringan yang berfungsi untuk menyaring sup, kaldu dan saus. 
  2. Conical Strainer, alat saringan yang ditujukan untuk menyaring sesuatu yang lebih kasar, misalnya santan.
  3. Bowl Strainer/Noodle Strainer, saringan yang berfungsi untuk meniriskan mie yang sudah direbus.

Sendok Takar
Alat dapur ini berfungsi untuk menakar atau mengukur bahan-bahan yang kita butuhkan. Ada yang berukuran hampir sama dengan sendok teh, ada yang berukuran 1/4 sendok teh.

Kocokan Telur
Ada dua macam yaitu
  1. Yang memiliki bola-bola logam di ujung kawat lurus. Kocokan ini digunakan khusus untuk mengocok telur
  2. Yang terbuat dari kawat yang berbentuk lengkungan. Biasanya digunakan untuk mengocok telur yang sudah dicampur dengan terigu.

Spatula
Biasanya dikenal dengan sodet atau sodetan. Berfungsi untuk mengangkat atau membalik makanan pada penggorengan. Ada yang terbuat dari besi, plastik dan kayu.

Meat Hammer
Fungsi yang sama dengan palu yaitu untuk memukul. Berfungsi untuk memukul atau menipiskan atau mengempukkan daging yang akan diolah atau dimasak.

Lemari Pendingin
Kebutuhan akan lemari pendingin mungkin saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok. Lemari pendingin bisa berupa lemari es maupun freezer.

Kitchen Set
Walaupun bukan merupakan sebuah keharusan, banyak rumah tangga yang memilih untuk menggunakan kitchen set pada dapur mereka. Selain bersifat mempercantik dapur, kitchen set juga berfungsi sebagai storage/tempat penyimpanan alat-alat dapur dan alat-alat masak yang lain.

Tempat Cuci Piring
Sebuah keharusan pada dapur bersih.

Rak/Almari Piring
Merupakan alat wajib yang harus ada di dapur. Memilik fungsi untuk menyimpan piring. Walaupun pada dasarnya tidak hanya piring saja yang disimpan dalam almari tersebut.





.

2 komentar:

  1. By the way, pengen nanya nih cara bikin blognya autoplay music tanpa ada flash? soalnya aku liat di blog ini ga ada widgetnya.. Thank you

    BalasHapus
  2. Apakah Anda pengguna blogspot? Jika ya, Anda tinggal tambahkan beberapa kode html diikuti kode embed lagu/musik yang Anda inginkan.

    BalasHapus

Berlaku 1 - 30 Juni 2014