PERBEDAAN SAUS TOMAT DAN TOMAT PASTA


Pada intinya, bahan dasar untuk membuat tomat pasta dan saus tomat sama, yaitu tomat. Perbedaannya, tomat pasta atau 'tomato paste' di olah lebih lama dan di uapkan kadar airnya sehingga berbentuk kental dan setengah padat seperti petis, dengan warna merah tua. Tomat pasta umumnya di jual dalam kemasan kaleng siap pakai, mengingat butuh waktu lama dan peralatan khusus untuk membuatnya.

Sedangkan saus tomat terbuat dari jus buah tomat dengan tambahan bahan p
engental dan bumbu yang di masak hingga mendidih dan cukup kental. Tak heran jika dalam saus tomat kadar air buahnya cukup tinggi. Berbeda dengan tomat pasta yang kadar airnya telah di uapkan

Saus tomat bisa langsung di gunakan sebagai pelengkap sajian goreng atau panggang. Bisa juga di tambahkan dalam olahan tumis, sayur atau untuk saus steak.


Tomat pasta tidak bisa langsung di gunakan untuk cocolan gorengan atau camilan. Tomat pasta akan memberikan warna merah tua yang cantik jika di pakai sebagai campuran saus atau sup. Rasanya asam dan pekat karena itu dalam pemakaian harus di tambahkan gula pasir. Jika dalam sekali pengolahan makanan tomat pasta tersisa, pindahkan ke dalam botol kaca dan tutup rapat lalu simpan dalam lemari es.

Penggunaan tomat pasta dalam masakan Eropa tidak bisa di ganti dengan saus tomat, karena rasa dan efek warna yang di hasilkan berbeda. Sebaiknya Anda menggunakan tomat merah cincang lalu campurkan dalam masakan. Caranya, masaklah di atas api kecil dengan waktu lama hingga cairan tomat menyusut. Setelah itu baru masukkan bahan lainnya dan masaklah seper
ti biasa


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Jalan Setapak

Circuit Training, Program Latihan Kebugaran Jasmani

Jenis-jenis Benang Rajut dan Kegunaanya